Kompas.com - 12/04/2021, 12:46 WIB
Ilustrasi Wisuda ShutterstockIlustrasi Wisuda
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Brilian Putra Amiruddin, seorang mahasiswa ITS dari Departemen Teknik Elektro yang berhasil lulus menjadi Sarjana (S1) di usia 20 tahun 1 bulan.

Mahasiswa asal Jombang ini meraih gelar sarjana hanya menghabiskan masa studi 7 semester atau 3,5 tahun.

Baca juga: Pakar IPB: 5 Tips Jaga Keseimbangan Air di Tubuh Saat Puasa Ramadan

Lahir pada 16 Maret 2001, pemuda yang akrab disapa Brilian ini memulai pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) pada usianya yang terbilang masih kecil yakni dua tahun.
Selanjutnya, di usia empat tahun, Brilian mulai menduduki bangku sekolah dasar (SD).

Meskipun memiliki rentang usia yang tidak dekat dengan teman-temannya, Brilian mampu menyeimbangi teman-temannya bahkan banyak mendapat peringkat tiga besar sejak di bangku SD.

Brilian melanjutkan pendidikan ke SMPN 1 Tembelang, Jombang dan SMAN 2 Jombang dengan masa studi normal, yakni masing-masing tiga tahun tanpa melalui jenjang akselerasi.

"Setelah lulus dari SMAN 2 Jombang, saya memilih lanjut ke Teknik Elektro ITS dan lolos melalui jalur SBMPTN," jelas dia melansir laman ITS, Senin (12/4/2021).

Berbicara mengenai keputusannya memilih Teknik Elektro ITS, kata dia, karena dirinya selama SMA aktif mengikuti ekstrakurikuler dan kompetisi di bidang IT yang banyak mengenalkannya pada dunia pemrograman, komputer, dan elektro.

Brilian juga lebih tertarik dengan pelajaran Matematika dan Fisika.

Baca juga: IPK Nyaris 4,00, Ini Motivasi Belajar Wisudawan Terbaik di ITS

"Terlebih, ITS kan salah satu kampus teknologi terbaik di Indonesia, jadi saya nggak ragu buat mengambil kuliah jurusan teknik di ITS," sebut dia.

Brilian yang memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,75 juga tertarik dengan bidang penelitian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X