Kompas.com - 12/04/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi tanaman kelor (Moringa oleifera) SHUTTERSTOCK/Nublee bin Shamsu BaharIlustrasi tanaman kelor (Moringa oleifera)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Prof. Theresia Indah Budhy Sulisetyawati resmi dikukuhkan menjadi guru besar bidang Patologi Mulut dan Maksilofasial Univeristas Airlangga (Unair).

Gelar profesor yang diraih, karena hasil terobosannya dalam menemukan daun kelor sebagai obat anti kanker.

Baca juga: Tips Merawat Gigi dan Mulut Anak dari Pakar Unpad

Hasil penelitian yang didapatnya diuraikan dalam orasinya yang berjudul "Pengembangan Terapi Kanker Rongga Mulut dengan Nanopartikel Moringa Oleifera".

Dia mengingatkan, masalah kanker di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Apalagi diikuti dengan fakta hadirnya Indonesia sebagai negara dengan kasus kanker terbanyak di Asia Tenggara, setelah Vietnam.

Angka kematian kanker di Indonesia 2 persen. Dan untuk kanker mulut prevalensinya naik, dari 1,4 persen di 2013 menjadi 1,8 persen di 2018.

"Angka kejadian kanker di Indonesia pun mencapai 135.000 orang per tahunnya. Sebuah problematika yang tidak dapat kita kesampingkan," ucap dia melansir laman Unair, Senin (12/4/2021).

Dengan mengikuti fakta yang ada, dia akhirnya berusaha menemukan obat anti kanker dengan cara yang lebih aman, alami, dan mudah didapat, khususnya di Indonesia.

Potensi obat anti kanker itu jatuh kepada tanaman kelor yang setelah diteliti mengandung berbagai zat aktif, seperti fitokimia yang dapat menjadi agen anti-neoproliferatif penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Fokus utama penelitian

Lalu mengapa nanopartikel daun kelor menjadi fokus utama penelitian?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X