Kompas.com - 09/04/2021, 07:15 WIB
Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Prof. Indra Jaya mengembangkan piranti TREKfish. Tangkap layar Instagram ipbofficialGuru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Prof. Indra Jaya mengembangkan piranti TREKfish.
|
Editor Dian Ihsan

 

KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof. Indra Jaya mengembangkan piranti TREKfish.

TREKfish merupakan teknologi pelacak jejak penangkapan ikan. Teknologi ini bertujuan untuk menelusuri jejak penangkapan ikan. Seperti ikan rajungan, lobster dan lain-lain.

Piranti ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak fishER (sistem pelaporan hasil tangkapan, Fisheries Electronic Reporting).

Menurut Prof. Indra Jaya, piranti ini cocok untuk perikanan skala kecil dan industri serta dirancang dan dikembangkan guna mendukung program pelacakan asal dari ikan tertangkap dan SIM (Seafood Import Monitoring).

TREKfish juga tidak memerlukan jejaring komunikasi satelit untuk dapat berfungsi menelusuri jejak operasi penangkapan ikan.

Baca juga: Siswa, Pahami 6 Poin Ini Saat Uji Coba Belajar Tatap Muka di Jakarta

Data dan informasi 

Data dan informasi yang dihasilkan oleh TREKfish, antara lain:

  • Posisi kapal dari waktu ke waktu.
  • Sejak berangkat (meninggalkan pelabuhan).
  • Transfit ke daerah penangkapan ikan dan sewaktu melaksanakan operasi penangkapan.
  • Kembali ke pelabuhan.

Sehingga secara keseluruhan, jejak kapal dapat ditelusuri dari awal sampai akhir.

Keunggulan TREKfish

1. Dapat dimanfaatkan oleh nelayan kecil maupun industri.

2. Mudah dipasang atau diinstal oleh siapa saja.

Baca juga: Pusat UTBK Unsoed: Ini Protokol Kesehatan Peserta UTBK-SBMPTN 2021

3. Setelah piranti dihidupkan maka tidak dapat dimatikan lagi. Sehingga tidak mudah diutak-atik dan dipermainkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X