Kompas.com - 31/03/2021, 16:15 WIB
Tangkapan layar Mendikbud Nadiem Makarim saat Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI. DOK. KOMPAS.com/DIAN IHSANTangkapan layar Mendikbud Nadiem Makarim saat Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI.

KOMPAS.com - Semua orangtua mendadak harus bisa menjadi guru bagi anak-anaknya ketika menjalani belajar di rumah atau belajar daring selama pandemi Covid-19.

Hal ini tentu menjadi kegiatan yang tidak mudah. Terutama bagi orangtua pekerja. Selain harus bekerja di luar rumah, juga harus mendampingi anak-anak mereka menyelesaikan tugas dari sekolah.

Bagi ibu rumah tangga, berprofesi jadi 'guru' dadakan ini juga bukan hal mudah. Mereka harus mengurus rumah sekaligus mendampingi anak belajar.

Peran ini juga dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Nadiem mengaku selama pandemi Covid-19, dirinya sangat menikmati hobi baru bersama istri tercinta.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Mendikbud jadi guru PAUD

Nadiem dan istri, bekerja sama dalam pengasuhan anak yaitu menjadi ayah sekaligus 'guru PAUD' bagi tiga buah hatinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya mungkin termasuk satu-satunya menteri yang ada dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memiliki tiga anak usia dini. Dan selama pandemi bersama istri mengasuh, mendidik serta memberikan kasih sayang kepada tiga anak usia PAUD sangat menyenangkan. Saya sangat menikmati ketika berada di rumah bersama tiga anak itu," ujar Nadiem Makarim ketika ditanya YouTuber Jerome Polin, mahasiswa Program Matematika Terapan peraih beasiswa di Waseda University, Tokyo, Jepang, Senin (29/3/2021) seperti dirangkum dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud.

Nadiem mengaku, selain menikmati peran sebagai ayah dalam turut membantu mendidik dan mengasuh tiga putri kecilnya, ia juga semakin memiliki waktu untuk membaca.

Baca juga: Setelah Semua Guru Divaksin, Sekolah Wajib Tatap Muka Juli 2021

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengasah ketajaman berpikir dan memenuhi kebutuhan pengetahuannya.

"Tahun ini saya bertekad untuk dapat menyelesaikan membaca sejumlah buku. Semoga target saya bisa membaca 50 judul buku tahun ini dapat terpenuhi," terang Nadiem.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga mendapat pertanyaan netizen terkait kapan masuk sekolah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.