Kompas.com - 30/03/2021, 13:37 WIB
SKB 4 Menteri terkait rencana tatap muka terbatas setelah seluruh tenaga pendidik mendapatkan vaksin, Selasa (30/3/2021). Tangkap layar Youtube KemendikbudSKB 4 Menteri terkait rencana tatap muka terbatas setelah seluruh tenaga pendidik mendapatkan vaksin, Selasa (30/3/2021).
|

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan bahwa tahun ajaran baru bulan Juli 2021 nanti sudah dimulai pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Hal itu diungkapkan Mendikbud dalam Pengumuman Keputusan Bersama (SKB 4 Menteri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual melalui kanal Youtube Kemendikbud RI, Selasa (30/3/2021).

Namun, ketika sekolah sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas, maka ada beberapa hal yang harus dipahami seluruh warga sekolah. Apa saja itu?

Baca juga: Mendikbud: Ini yang Terjadi jika Sekolah Tatap Muka Ditunda Terus

Menurut Mendikbud, sekolah tatap muka terbatas tetap mewajibkan seluruh warga sekolah menjalankan protokol kesehatan dan beberapa hal, yakni:

Kondisi kelas

Seluruh warga sekolah tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 18 peserta didik per kelas bagi SMA, SMK, MA, MAK, SMP, MTs, SD, MI dan program kesetaraan.

Seluruh warga sekolah tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas bagi SDLB, MILB, SMPLB, MTsLB, SMALB, dan MALB serta PAUD.

Satuan pendidikan juga dapat memanfaatkan ruang-ruang terbuka sebagai tempat sekolah tatap muka terbatas.

Pembagian jam pembelajaran

Untuk jumlah hari dan jam sekolah tatap muka terbatas dengan pembagian rombongan belajar ditentukan oleh satuan pendidikan.

Tentu semuanya tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah.

"Mau dua hari atau tiga hari seminggu melakukan tatap muka di sekolah atau dibagi berapa grup per kelas itu diskresi masing-masing sekolah sesuai dengan kebutuhannya," ungkap Mendikbud.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.