Kompas.com - 30/03/2021, 12:29 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim membacakan SKB 4 Menteri terkait belajar tatap muka di sekolah. DOK. KOMPAS.com/DIAN IHSANMendikbud Nadiem Makarim membacakan SKB 4 Menteri terkait belajar tatap muka di sekolah.
|

KOMPAS.com - Dampak pandemi Covid-19 tentu dirasakan banyak sektor, salah satunya sektor pendidikan. Karena itu kebijakan sekolah daring menjadi alternatif yang paling tepat agar pendidikan tetap berjalan.

Meski demikian, di sisi lain tentu berdampak pada hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Oleh karenanya, pembelajaran tatap muka harus segera dilaksanakan.

Terkait hal itu, pemerintah kembali mengeluarkan Keputusan Bersama 4 Menteri (SKB 4 Menteri) yakni Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Khawatir Angka Pernikahan Dini Siswa Meningkat

Hal ini diungkapkan dalam Pengumuman Keputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual melalui kanal Youtube Kemendikbud RI, Selasa (30/3/2021).

Pembelajaran tatap muka secara terbatas

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, selama satu tahun ini dunia pendidikan di Indonesia telah berjuang melawan pandemi.

"Tantangan terbesar itu ialah murid tidak bisa tatap muka di sekolah," ujar Mendikbud Nadiem Makarim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, pemerintah telah memulai program vaksinasi pada awal tahun 2021. Untuk itulah vaksinasi menjadi modal untuk segera melakukan sekolah tatap muka.

"Vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan menjadi salah satu prioritas negara dalam upaya akselerasi pembelajaran tatap muka," terang Nadiem.

Oleh karena itu, Surat Keputusan Bersama Empat Menteri ini menegaskan bahwa pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021 diharapkan seluruh sekolah dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Jika tidak segera dilaksanakan sekolah tatap muka, maka ada banyak dampak negatifnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X