Pola Pikir Mahasiswa Indonesia, Growth Mindset atau Fixed Mindset?

Kompas.com - 04/03/2021, 11:17 WIB
Growt Mindset atau Fixed Mindset? Growth CenterGrowt Mindset atau Fixed Mindset?

Oleh: Arki Sudito dan Alistair Tody*

SEBAGIAN besar mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia sudah memiliki growth mindset. Demikian hasil penelitian Growth Center, HR Business Accelerator, unit Kompas Gramedia.

Apakah kampus/almamater kamu termasuk universitas dengan mayoritas mahasiswa/lulusan yang memiliki growth mindset?

Secara singkat, growth mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kemampuan dasar dapat dikembangkan melalui kerja keras dan dedikasi, intelegensi dan bakat hanya merupakan modal awal saja.

Seseorang dengan pola pikir ini meyakini bahwa keterampilan dan keahlian merupakan sesuatu yang bisa dibangun dan dikembangkan. Mereka sangat menghargai perbaikan proses.

Growth mindset terbukti menjadi faktor kunci dalam meningkatkan budaya kerja yang kolaboratif dan inovatif, serta untuk membangun lingkungan kerja yang berkomitmen, saling percaya dan engaging.

Sebaliknya, fixed mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kualitas dasar diri, seperti intelegensi atau bakat, bersifat menetap.

Seseorang dengan fixed mindset percaya bahwa kemampuan untuk melakukan sesuatu dipengaruhi oleh faktor genetis atau bawaan. Mereka meyakini bahwa keterampilan dan keahlian bersifat terberi (given).

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai growth mindset dan fixed mindset, dapat dibaca di artikel kami sebelumnya “Growth Mindset Mengelola Tantangan Saat New Normal” dan “Kekuatan Pola Pikir Fixed Mindset Vs Growth Mindset.

Data yang telah dikumpulkan oleh Growth Center berkolaborasi dengan Klob.id dari 10.409 mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia selama rentang waktu Maret 2020 sampai dengan Desember 2020 menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia sudah memiliki growth mindset (67,72 persen).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X