Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Pola Pikir Mahasiswa Indonesia, Growth Mindset atau Fixed Mindset?

Kompas.com - 04/03/2021, 11:17 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Arki Sudito dan Alistair Tody*

SEBAGIAN besar mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia sudah memiliki growth mindset. Demikian hasil penelitian Growth Center, HR Business Accelerator, unit Kompas Gramedia.

Apakah kampus/almamater kamu termasuk universitas dengan mayoritas mahasiswa/lulusan yang memiliki growth mindset?

Secara singkat, growth mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kemampuan dasar dapat dikembangkan melalui kerja keras dan dedikasi, intelegensi dan bakat hanya merupakan modal awal saja.

Seseorang dengan pola pikir ini meyakini bahwa keterampilan dan keahlian merupakan sesuatu yang bisa dibangun dan dikembangkan. Mereka sangat menghargai perbaikan proses.

Growth mindset terbukti menjadi faktor kunci dalam meningkatkan budaya kerja yang kolaboratif dan inovatif, serta untuk membangun lingkungan kerja yang berkomitmen, saling percaya dan engaging.

Sebaliknya, fixed mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kualitas dasar diri, seperti intelegensi atau bakat, bersifat menetap.

Seseorang dengan fixed mindset percaya bahwa kemampuan untuk melakukan sesuatu dipengaruhi oleh faktor genetis atau bawaan. Mereka meyakini bahwa keterampilan dan keahlian bersifat terberi (given).

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai growth mindset dan fixed mindset, dapat dibaca di artikel kami sebelumnya “Growth Mindset Mengelola Tantangan Saat New Normal” dan “Kekuatan Pola Pikir Fixed Mindset Vs Growth Mindset.

Data yang telah dikumpulkan oleh Growth Center berkolaborasi dengan Klob.id dari 10.409 mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia selama rentang waktu Maret 2020 sampai dengan Desember 2020 menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia sudah memiliki growth mindset (67,72 persen).

Sampel yang diambil dari masing-masing universitas jumlahnya berbeda-beda. Karena itu, grafik yang ditampilkan tidak untuk digunakan sebagai perbandingan dari universitas satu ke universitas lainnya. Namun, data tersebut dapat digunakan untuk mendeskripsikan proporsi sampel yang memiliki growth mindset dan fixed mindset.

Growth Center Mindset Test Result

Dari grafik yang ditampilkan, dapat disimpulkan bahwa universitas dengan sampel lebih dari 1 persen dari total sampel, mahasiswa dan lulusannya sebagian besar memiliki growth mindset.

Bagi mahasiswa, hal tersebut adalah modal awal yang sangat baik untuk mempelajari hal baru di dunia perkuliahan. Sementara bagi fresh graduate – lulusan baru – growth mindset akan memunculkan sikap positif terhadap apa yang mereka alami di dunia kerja – dunia yang jauh berbeda dengan dunia perkuliahan.

Universitas dengan persebaran mahasiswa dan lulusan terbanyak, dari total sampel yang diambil, yang memiliki growth mindset dengan proporsi terbanyak adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 74,67 persen, disusul oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 72,97 persen, kemudian Universitas Indonesia (UI) dengan 71,73 persen, Universitas Sumatera Utara (USU) dengan 71,12 persen dan Universitas Sriwijaya (UNSRI) dengan 69,81 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com