Growth Mindset, Mengelola Tantangan Saat New Normal

Kompas.com - 12/02/2021, 08:33 WIB
Ilustrasi Growt MindsetIlustrasi

Oleh Arki Sudito*

EFEK pandemi Covid-19 menyentuh kehidupan penduduk dunia. Tak banyak yang menyangka pandemi global yang berlangsung sejak tahun lalu akan membawa perubahan besar di hampir semua sektor kehidupan, termasuk pekerjaan.

Tentu, bagaimana menyikapi perubahan tersebut bisa berbeda di setiap orang. Apakah kita cenderung melihat perubahan sebagai sesuatu yang sebaiknya dihindari? Atau sesuatu yang harus “dirangkul” agar kita bisa belajar, tumbuh, dan berkembang?

Dengan segala perubahan yang kita alami selama pandemi Covid-19, tentu bukan hal mudah untuk selalu bersikap positif. Jika sebelumnya kita harus datang ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan, saat ini kita dapat (atau bahkan harus) bekerja dari rumah.

Baca juga: Pandemi Corona, Perayaan Imlek di Kelenteng Kim Hin Kiong Gunakan Penjadwalan

Bayangkan, sulitnya membagi waktu bagi orang tua yang anak-anaknya juga harus didampingi saat sekolah dari rumah. Selain itu, pertemuan atau rapat harus dilakukan secara online menggunakan aplikasi-aplikasi yang mungkin tidak pernah kita gunakan sebelumnya.

Namun, Jeff Schwartz dan Suzanne Riss dalam bukunya Work Disrupted: Opportunity, Resilience, And Growth In The Accelerated Future of Work menjelaskan dampak dari perubahan besar ini justru munculnya kesempatan baru yang akan menguji ketangguhan kita sebagai manusia.

Ketangguhan yang akan mendorong manusia untuk selalu tumbuh dan berkembang di tengah tantangan, tak terkecuali tantangan pandemi saat ini.

Contoh kesempatan yang mereka maksud, adalah:

Pertama, potensi kolaborasi manusia dan mesin. Tantangan terbesar untuk mewujudkan hal ini adalah bagaimana perusahaan secara proaktif mendesain agar kapabilitas manusia dilengkapi dengan kecanggihan mesin, bukan digantikan oleh adanya mesin tersebut.

Perusahaan atau organisasi harus mempersiapkan, mengembangkan, dan menghargai kapabilitas manusia, agar tidak muncul ketakutan-ketakutan bahwa mereka akan digantikan seutuhnya oleh kerja mesin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X