Kompas.com - 26/02/2021, 12:00 WIB
Siswi Madrasah Aliyah Negeri 3 Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT berpartisipasi dalam pentahbisan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat di Gereja Katedral Ruteng, Kamis, (19/3/2020). KOMPAS.com/MARKUS MAKURSiswi Madrasah Aliyah Negeri 3 Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT berpartisipasi dalam pentahbisan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat di Gereja Katedral Ruteng, Kamis, (19/3/2020).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 15.292 siswa akan bertarung dalam Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri bersistem asrama binaan Kementerian Agama (Kemenag).

Para pendaftar akan memperebutkan 2.883 kursi yang tersedia di 23 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, 17 MAN Program Khusus, dan 2 Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Baca juga: Minat Masuk Universitas Brawijaya? Ini 3 Kuota Seleksi Mahasiswa Baru

Seleksi berlangsung dua hari, 27-28 Februari 2021 dan berlangsung secara daring (dalam jaringan).

MAN Insan Cendekia merupakan madrasah sains yang menfokuskan diri pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

MAN Program Khusus adalah madrasah berciri khas keagamaan Islam yang menitikberatkan pada disiplin ilmu agama dan bahasa Arab.

Sedangkan MAKN berfokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan.

Ketiga jenis madrasah ini memiliki kekhasan dalam muatan pendidikan agama yang lebih tinggi daripada sekolah umum.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, dari tahun ke tahun peminat Madrasah Aliyah berasrama terus naik.

"Ini pertanda madrasah semakin favorit dan dipercaya orangtua siswa," ungkap dia melansir laman Kemenag, Jumat (26/2/2021).

Dia mengaku, jumlah peserta tes tahun ini sedikit naik dari tahun sebelumnya, yaitu 15.019 peserta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X