Tertarik Masuk UNS? Ini Tiga Jalur Seleksi yang Bisa Dipilih

Kompas.com - 20/01/2021, 06:22 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Twitter/@11MaretUnivUniversitas Sebelas Maret (UNS) Solo
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret ( UNS) masuk dalam klaster pertama perguruan tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud.

Bahkan, UNS menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling diminati oleh calon mahasiswa dalam acara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2020.

Baca juga: UNS Beri Masukan Gibran Jelang Dilantik Jadi Wali Kota Solo

Nah, bagi kamu yang ingin masuk ke UNS ada tiga jalur yang bisa ditempuh.

Deputi Program Sarjana SPMB UNS, Widiyanto mengatakan, tiga jalur yang bisa ditempuh oleh lulusan SMA/SMK/MA adalah melalui SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), dan seleksi mandiri.

"SNMPTN kuota minimum 20 persen, SBMPTN kuota minimum 30 persen, dan seleksi mandiri kuota maksimum 50 persen," ungkapnya melansir laman UNS, Rabu (20/1/2021).

Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Ahmad Yunus menjelaskan, UNS sudah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) sejak 6 Oktober 2020.

Selain itu, UNS juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Sedangkan dalam reputasi internasional, UNS menduduki peringkat 401-450 berdasarkan versi QS Asia.

Dia menyebutkan, UNS juga telah membuat kurikulum yang berorientasi masa depan dan global. Fasilitas pembelajaran di UNS juga berstandar internasional.

"Pada pandemi Covid-19, kami gunakan sistem aplikasi daring, seperti Open Course Ware (OCW) dan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA)," sebut dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X