Kompas.com - 26/02/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi guru, Hari Guru Nasional ShutterstockIlustrasi guru, Hari Guru Nasional
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam menjalankan program vaksin Covid-19 untuk guru dan tenaga kependidikan.

"Vaksin guru dan tenaga kependidikan adalah langkah konkret pemerintah dalam menyiapkan belajar tatap muka supaya lebih siap," ucap dia melansir laman Kemendikbud, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Mendikbud: Presiden Minta Semua Guru Dapat Vaksin

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi menyambut baik vaksinasi guru dan tenaga kependidikan.

Hal ini adalah wujud komitmen pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19.

"Langkah ini juga menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih aman dan nyaman bagi siswa," ungkap dia.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Danang Hidayatullah juga mengapresiasi langkah pemerintah yang mengusahakan vaksinasi guru dan tenaga kependidikan, agar lebih terlindung dari wabah penyakit.

Danang menekankan pentingnya peran pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, tenaga medis, guru, tenaga kependidikan, dan pihak lainnya.

"Kepada guru yang sudah divaksin menjadi penting. Mereka sebagai pemangku kepentingan berperan untuk menyosialisasi, agar masyarakat lebih paham vaksinasi," ujar Danang.

Diantara pemangku kepentingan itu, peran kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk mengimbau guru, tenaga kependidikan, siswa, orangtua, dan lainnya, agar lebih sadar dan memahami informasi terkait vaksinasi.

Baca juga: Vaksin Guru Selesai, Mendikbud: Belajar Tatap Muka Sekolah Dibuka Juli

Setelah vaksinasi, bilang Danang, juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X