Kompas.com - 26/02/2021, 10:59 WIB
ITS membuka kuota sebanyak 1.1194 bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN 2021. Tangkap layar laman ITSITS membuka kuota sebanyak 1.1194 bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN 2021.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2021 telah resmi ditutup.

Di tahap SNMPTN 2021, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima 11.071 berkas pendaftaran siswa.

Baca juga: Minat Masuk Universitas Brawijaya? Ini 3 Kuota Seleksi Mahasiswa Baru

Peminat paling banyak program studi (Prodi) Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 10.650 siswa. Sedangkan prodi Sosial dan Humaniora (Soshum) ada sebanyak 432 siswa.

Direktur Pendidikan ITS, Siti Machmudah menyampaikan, dari jumlah pendaftaran ITS lewat SNMPTN 2021, Prodi Departemen Teknik Informatika yang paling banyak diminati oleh siswa.

"Masih sama seperti tahun-tahun yang sebelumnya, Teknik Informatika memiliki peminat yang cukup banyak," ucapnya melansir laman ITS, Jumat (26/2/2021).

Dia menjelaskan, prodi dengan peminat terbanyak selanjutnya adalah Departemen Sistem Informasi. Kemudian disusul dengan Departemen Teknik Elektro di urutan ketiga.

"Ketiga departemen itu berasal dari fakultas yang sama, yakni Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS," ujarnya.

Sedangkan posisi keempat adalah Departemen Teknik Sistem dan Industri. Prodi Departemen Teknik Mesin masuk urutan kelima.

Kedua prodi itu berasal dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS.

"Untuk prodi-prodi dengan peminat terbanyak pada tahun ini kebetulan semuanya ada di rumpun saintek," sebut dia.

Baca juga: ITB Rekrut 4.620 Mahasiswa Lewat Jalur 3 Seleksi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X