Kompas.com - 11/02/2021, 16:30 WIB
Pendaftaran KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/Pendaftaran KIP Kuliah

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi membuka pendaftaran Akun Siswa untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2021.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 bisa dimulai dengan pendaftaran Akun Siswa terlebih dahulu. Pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah telah dibuka pada 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021.

Setelah siswa mendaftar akun, maka dilanjutkan dengan mendaftar KIP Kuliah sesuai dengan jalur masuk Perguruan Tinggi, baik itu melalui SNMPTN, SNMPN, SBMPTN atau jalur mandiri.

Tak hanya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), untuk memperluas jangkauan, KIP Kuliah juga terbuka untuk jalur seleksi mandiri Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Bulanan dan Bantuan UKT

Melansir laman KIP Kuliah Kemendikbud, jalur yang kini sudah membuka pendaftaran melalui skema KIP Kuliah ialah Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) serta Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN).

Bagi siswa yang ingin mendaftarkan KIP Kuliah untuk jalur lain, seperti SBMPTN, Mandiri PTN serta Mandiri PTS dapat menunggu pembukaan jadwal pendaftaran KIP di laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud.

Meski begitu, tak semua kampus dan prodi masuk dalam skema KIP Kuliah 2021. KIP Kuliah hanya bisa dipakai di PTS yang bekerja sama dengan program tersebut.

Jadi, untuk mengetahui secara pasti universitas swasta mana saja yang menerima KIP Kuliah, peserta disarankan untuk lebih dulu melihatnya dengan cara:

Baca juga: Mahasiswa Punya Ide Usaha? Daftarkan di Program Wirausaha Kemendikbud

1. Membuka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

2. Pada halaman utama bagian bawah, terdapat sesi "Cari Perguruan Tinggi/Program Studi Penerima KIP Kuliah."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X