Kompas.com - 03/02/2021, 09:59 WIB
Puluhan murid Madrasah Tsanawiyah sedang belajar membaca Al Quran di Kampung Matfa. Nanda Fahriza BatubaraPuluhan murid Madrasah Tsanawiyah sedang belajar membaca Al Quran di Kampung Matfa.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah seorang guru CPNS non-muslim viral, karena dia menjadi guru mata pelajaran Geografi di di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja.

Hal itu langsung ditanggapi oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Baca juga: Miris, 11.988 Madrasah Belum Teraliri Listrik

Menurut Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag, Muhammad Zain menjelaskan, kejadian guru non-muslim mengajar di madrasah bisa saja, karena sesuai regulasi.

Dia mengaku, sebagai sekolah berciri khas Islam, guru mata pelajaran agama di madrasah memang harus beragama Islam.

Mata pelajaran agama itu antara lain Aqidah Akhlak, Al-Qur'an Hadits, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

"Tapi, untuk guru mata pelajaran umum di madrasah, regulasi mengatur itu bisa juga diampu oleh guru non-muslim," kata Zain melansir laman Kemenag, Rabu (3/2/2021).

Gunakan regulasi sistem merit

Dia menyebutkan, hal itu juga sejalan dengan regulasi sistem merit.

Sistem merit adalah kebijakan dan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar.

"Tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan merit yang diatur dalam regulasi," sebut dia.

Ketentuan itu juga diatur dalam UU No 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 jo Peraturan Pemerintah No 17 tahun 2020 tentang Manajemen PNS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X