25 Relawan Vaksin Positif Covid-19, Begini Penjelasan Guru Besar Unpad

Kompas.com - 22/01/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/PALSANDIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Sebanyak 25 relawan uji coba vaksin Covid-19 sinovac dikabarkan terkonfirmasi positif Corona. Hal ini disampaikan langsung oleh ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19, Kusnandi Rusmil.

Menurut ahli vaksin dari Fakultas Kedokteran, Universitas Padjajaran ( Unpad) Bandung itu, ke-25 relawan yang terpapar sebelumnya telah diklasifikasi. Sebanyak 18 relawan disuntikkan cairan netral Plasebo (non vaksin untuk klinisi), dan 7 lainnya diberi suntikan vaksin Sinovac.

"Kita ngambil (sampel) yang dari uji klinis kemarin itu ada yang dapat vaksin ada yang dapat plasebo. Nanti dilihat berapa yang sakit dapat vaksin dan berapa yang sakit dapat plasebo," ujar Kusnadi melansir dari laman  unpad.ac.id.

Baca juga: Pakar Unpad: Masyarakat Masih Banyak Abai Protokol Kesehatan Covid-19

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unpad tersebut, menjelaskan jika para relawan yang terpapar pasca vaksinasi masih dalam tahapan yang wajar.

Karena, setelah disuntik para relawan kembali beraktivitas normal seperti biasa. Sehingga, saat bekerja di lokasi yang rawan Covid-19 mereka bisa saja terpapar Covid-19.

Untuk itu, dilakukan uji klinis agar mengetahui berapa relawan yang sakit. Sehingga efikasi vaksin dapat ditentukan.

Baca juga: Pakar Unpad: Jalan Menuju Penghapusan Covid-19 Masih Panjang

Efikasi sendiri merupakan tingkat kemampuan vaksin dalam mencegah penyakit yang dihitung dengan membandingkan kelompok yang divaksinasi dengan kelompok yang tidak divaksinasi.

Efikasi uji klinis vaksin yang dilaksanakan di Bandung itu telah di atas syarat yang ditentukan yakni sebesar 65 persen, dari syarat efikasi minimal harus di atas angka 50 persen.

"Kan kita meneliti supaya tahu, manjur tidak vaksinnya,"tutur Kusnandi Rusmil.

Dengan adanya kasus relawan yang terpapar Covid-19, tim peneliti menghitung angka efikasi dari penerima vaksin dan plasebo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X