Kompas.com - 10/01/2021, 12:16 WIB
Ilustrasi Covid-19 Shutterstock/PetovargaIlustrasi Covid-19
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ahli Kebijakan Kesehatan Universitas Padjadjaran (Unpad), Deni Kurniadi Sunjaya menyatakan, salah satu kunci menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia adalah meningkatkan penggunaan masker.

"Covid-19 di Indonesia akan menurun bila banyak orang yang memakai masker sampai 95 persen," ucap Deni melansir laman Unpad, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: Pakar Unpad: Covid-19 Akan Sasar Semua Orang

Dia menjelaskan, saat ini masyarakat Indonesia yang menggunakan masker masih di atas 70 persen. Angka itu didapatkan dari Healthdata Covid-19.

Dia optimistis, jika penggunaan masker terus ditingkatkan hingga 95 persen, maka kasus Covid-19 akan menurun drastis di Indonesia.

Saat ini, bilang dia, angka total kematian akibat Covid-19 sebanyak 23 ribu jiwa. Angka itu diproyeksikan oleh Healthdata akan terus meningkat hingga April 2021.

Namun, kata dia, angka itu bisa menurun sampai belasan ribu, jika banyak orang menggunakan masker.

Dia mengaku, apabila penggunaan masker terus diwajibkan, pemenuhan protokol kesehatan, dan pengetatan pembatasan sosial oleh pemerintah. Maka, kasus Covid-19 akan mudah menurun di Indonesia.

Tidak seperti saat ini, angka penularannya sudah mencapai 10 ribu orang per hari.

"Vaksin sebetulnya tidak seberapa besar, kalau kita bersama-sama menggunakan masker. Ini menjadi sangat penting," tegas pria yang kini menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Unpad.

Baca juga: Unpad Punya Guru Besar Termuda di Usia 41 Tahun

Maka dari itu, dia berharap, aturan kewajiban penggunaan masker sebaiknya terus diperketat oleh pemerintah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X