Kompas.com - 22/01/2021, 08:09 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu jenis usaha yang dikembangkan masyarakat ialah budidaya ikan lele. Tentu karena ikan lele juga banyak dikonsumsi oleh banyak orang.

Namun, umumnya pembudidaya lele masih bergantung pada pakan buatan pabrik berupa pelet yang dijual di pasaran. Pakan lele yang dibuat harus memiliki kandungan protein yang cukup agar dapat dimanfaatkan maksimal oleh tubuh ikan.

Akan tetapi, harga jual pelet ikan di pasaran masih cukup mahal. Hal ini yang akan membuat laba yang dihasilkan sedikit.

Bagi usaha budidaya lele pakan merupakan biaya terbesar yaitu sekitar 70 persen. Keadaan ini memaksa pembudidaya untuk memanfaatkan sumber pakan lain untuk memenuhi kebutuhan hidup ikan.

Baca juga: Mahasiswa UNY Gagas Sosis Tempe Jamur Tiram yang Kaya Serat

Terkait hal itu, mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY melakukan penelitian pada pakan lele dengan bahan alami.

Bahan alami berprotein tinggi

Melansir laman UNY, Jumat (22/1/2021), mahasiswa UNY itu ialah Dinda Restu Nabila, Siska Yulianti, dan Faridatul Liana. Mereka meneliti pakan lele yang terbuat dari keong sawah dan enceng gondok.

Menurut Dinda, eceng gondok (Eichhornia crassipes) dan keong sawah (Pila ampullacea) memiliki kandungan protein tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan alami.

"Tanaman eceng gondok mengandung bahan organik yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 11,2 persen, sedangkan kandungan protein keong sawah 15 persen" ujarnya.

Dijelaskan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan pakan lele alami dari campuran keong sawah dan enceng gondok menjadi pelet.

Dan untuk mengetahui efektivitas pemberian pakan ikan lele berkadar protein paling banyak dari campuran keong sawah dan enceng gondok terhadap pertumbuhan ikan lele (Clarias sp).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.