Kemendikbud Rekrut Guru Penggerak Jenjang SD-SMA untuk 2.800 Orang

Kompas.com - 19/01/2021, 06:20 WIB
Program Guru Penggerak. Tangkapan layar Instagram Itjen Kemendikbud Program Guru Penggerak.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan kembali membuka pendaftaran seleksi Guru Penggerak.

Kuota yang tersedia bagi guru jenjang di sekolah TK, SD, SMP dan SMA untuk mengikuti seleksi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah sebanyak 2.800 orang.

Baca juga: 6 Tips Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing dari Kemendikbud

Adapun daerah sasaran PGP untuk angkatan ketiga, yaitu 56 kabupaten/kota dari 25 provinsi yang tersebar di enam pulau besar Indonesia.

Seleksi akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Seleksi tahap pertama akan dimulai pada 18 Januari sampai 15 Maret 2021.

Pada tahap ini, peserta wajib mengisi biodata dan esai, mengunggah dokumen, serta mengikuti tes bakat skolastik.

Kemudian, pada tahap kedua yaitu tanggal 31 Mei sampai 10 Juli 2021, akan dilakukan seleksi simulasi mengajar dan wawancara.

Pengumuman hasil seleksi calon Guru Penggerak angkatan ketiga akan disampaikan pada 13 Agustus 2021 mendatang.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Program Pendidikan Guru Penggerak, Kasiman menjelaskan, Kemendikbud akan terus mencari dan menyeleksi guru-guru terbaik di seluruh tanah air.

Dia akan mencari guru penggerak yang memiliki potensi dapat menggerakan ekosistem di sekolahnya untuk berkolaborasi dengan sekolah lain.

"(Kami akan) menyeleksi guru penggerak yang mau bergerak tanpa disuruh, dan (mereka) bergerak selalu berpihak kepada murid," ungkap Kasiman melansir laman Kemendikbud, Selasa (19/1/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X