KAIST Tawarkan Beasiswa Kuliah S1 dan Tunjangan di Korea Selatan

Kompas.com - 18/01/2021, 17:06 WIB
Ilustrasi Korea Selatan - Benteng Hwaseong. SHUTTERSTOCKIlustrasi Korea Selatan - Benteng Hwaseong.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Beasiswa KAIST menawarkan kuliah S1 di Korea Selatan. Beasiswa ini rutin ditawarkan oleh Korea Advanced Institut of Science and Technology (KAIST).

KAIST merupakan salah satu universitas ternama di Korea Selatan yang masuk ke dalam peringkat Top 40 terbaik di dunia versi QS World University Rangking.

Kampus ini berfokus pada bidang sains, teknik, dan teknologi.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang Mitsui-Bussan, Tunjangan Rp 19,6 Juta Per Bulan

Namun dalam beberapa tahun terakhir, KAIST memperoleh akreditasi internasional untuk program pendidikan bisnis.

Beasiswa KAIST ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di sejumlah jurusan atau program studi. 

Pilihan jurusan beasiswa KAIST

  • College of Natural Sciences: Physics, Mathematical Science, Chemistry.
  • Collage of Life Science & Bioengineering: Biological Sciences.
  • Collage of Engineering: Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Civil & Environmental Engineering, Bio & Brain Engineering, Industrial Design, Industrial & Systems Engineering, Chemical & Biomolecular Engineering, Materials Science & Engineering, Nuclear & Quantum Engineering.
  • College of Business: Business and Technology Management.

Cakupan beasiswa KAIST

  • Tanggungan penuh biaya perkuliahan selama masa studi S1 di KAIST (8 semester) dengan catatan tetap mempertahankan hasil prestasi.
  • Tunjangan hidup sebesar 350.000 won atau setara kurang lebih Rp 4,45 juta per bulan. Estimasi satu won sama dengan Rp 12,72.
  • Asuransi kesehatan nasional.

Yang tidak termasuk cakupan Beasiswa KAIST adalah biaya asrama sekitar 100-300 dollar As per bulan atau setara Rp 1,4 juta sampai Rp 4,2 juta (bila satu dollar AS sebesar Rp 14.000), makanan dan biaya perjalanan ke Korea.

Makanan tersedia di cafetaria campus dengan biaya antara 4.000 – 5000 won atau setara Rp 50.880 sampai Rp 63.600.

Peserta dapat mencari sumber pendanaan lain secara mandiri untuk memenuhi biaya tersebut.

Demi tetap mendapatkan beasiswa, setiap penerima Beasiswa KAIST harus mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3) setelah tahun pertama di KAIST.

Persyaratan beasiswa KAIST

1. Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X