Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa

Kompas.com - 02/01/2021, 09:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Apabila kalian pernah gagal dalam meraih pekerjaan, sekolah atau beasiswa. Maka kalian bisa melakukannya kembali di awal 2021.

Setiap orang pernah mengalami kegagalan. Sangat wajar bila kalian sedih dan kecewa saat melihat hasil perjuangan yang pernah dijalankan, ternyata tak berbuah manis.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Langka, tapi Mudah Dapat Kerja

Pastinya, apabila kalian gagal, maka akan alami emosi sesaat.

Merangkum laman Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Sabtu (2/1/2021) menyebutkan bila kalian masih menaruh harapan pada cita-cita pekerjaan, sekolah atau beasiswa yang diidamkan. Maka, sebaiknya kalian bangkit dan bisa mencobanya kembali.

Mungkin keberuntungan ada ditangan kalian di awal tahun ini. Sehingga memperoleh cita-cita yang diinginkan.

Setidaknya ada 4 cara, agar kalian bisa meraih pekerjaan, sekolah, dan beasiswa yang diinginkan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) di luar maupun dalam negeri. Mari simak penjelasannya seperti di bawah ini.

1. Evaluasi lagi dokumen persyaratan

Sering kali syarat-syarat dokumen administratif, Curriculum Vitae (CV), hingga Motivation Letter dianggap perkara sepele.

Padahal kelengkapan dan kesempurnaan kualifikasi diri yang diwujudkan dalam tulisan adalah pembuka kesempatan untuk menapaki jenjang seleksi selanjutnya.

Apabila merasa kurang, kalian bisa mencoba mencari mentor atau kenalan yang sudah berhasil sebelumnya, demi meninjau ulang substansi tulisan kalian.

2. Evaluasi kemampuan wawancara

Proses wawancara adalah proses validasi kesesuaian antara apa yang tertulis dalam dokumen dengan keadaan kalian sebenarnya.

Tidak hanya soal substansi, tapi juga pembawaan hingga cara menjawab pertanyaan juga akan dinilai, apakah kalian layak dan dapat meyakinkan pewawancara.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Sulit Masuk dan Lulus, Ada Pilihanmu?

Walaupun terasa berat, kemampuan menjawab wawancara sebenarnya juga bisa dipelajari. Kalian bisa mencari mentor dan berdiskusi dengan kenalan yang sudah berpengalaman terkait menjawab pertanyaan yang meyakinkan.

3. Harus jaga motivasi diri

Kalian jangan merasa minder, karena mengalami penolakan dari berbagai pekerjaan, sekolah atau beasiswa. Penolakan bukan hanya terjadi pada kalian, tapi semua orang.

Apabila terjadi penolakan, kalian bisa menuliskan motivasi apa saja yang akan menjaga tekad untuk kembali berjuang.

Motivasi itu bisa seperti ingin membahagiakan keluarga, mengubah nasib, bermanfaat untuk masyarakat, hingga ingin segera membina rumah tangga.

4. Bersiap mencoba kembali

Poin terakhir sangat penting, yakni kalian mencoba kembali. Kalian harus ingat, persiapan sematang apapun tidak bisa diwujudkan, apabila tidak dicoba kembali.

Jadi, kalian harus ikuti empat langkah di atas. Semoga keinginan kalian terwujud, apabila pernah gagal memperoleh pekerjaan, sekolah, atau beasiswa yang diinginkan pada di tahun 2020.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Kekinian untuk Kalangan Milenial

Jangan pernah patah semangat, kegagalan merupakan awal dari kesuksesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com