Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDB Dimulai 11 Januari, KSAU: SMA Pradita Dirgantara Siap Cetak Generasi Unggul

Kompas.com - 18/01/2021, 12:36 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya unggul dalam hal pertahanan udara, namun TNI Angkatan Udara (AU) juga memiliki lembaga pendidikan yang unggul.

Salah satunya ialah SMA yang baru dibuka pada 2018 ini menjadi lembaga pendidikan nasional namun bereputasi tingkat internasional.

Kini, kehadiran SMA Pradita Dirgantara merupakan upaya konkret dalam mencetak generasi future world leader yang berkarakter, dan berwawasan kedirgantaraan dengan tetap memegang teguh jiwa Pancasila.

Hal ini diungkapkan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., pada acara Talk Show dan Media Gathering SMA Pradita Dirgantara secara virtual dari Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Update Data Siswa Eligible Per 17 Januari 2021: 111.026

Hasilkan SDM unggul

Menurut KSAU, TNI AU melalui SMA Pradita Dirgantara selalu berupaya mengumpulkan generasi muda terbaik dari seluruh pelosok negeri.

Tentu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul menuju Indonesia Emas 2045 sesuai program pemerintah.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memberi gambaran yang jelas akan komitmen SMA Pradita Dirgantara untuk mewujudkan diri sebagai icon disrupsi pendidikan Indonesia guna mencetak generasi yang mampu survive and thrive di era disrupsi ini," jelas KSAU.

Sebagai pembicara kunci, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., menekankan agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan wawasan dan pemahaman SMA Pradita Dirgantara.

Dengan harapan, nantinya siap menghadapi arus perubahan dunia pendidikan Indonesia dan kemajuan Iptek dunia.

"Kembangkan pemikiran kritis dan terbuka untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam proses belajar mengajar," tegas Panglima TNI, Marsekal Hadi.

Pada acara tersebut, tema yang diusung ialah SMA Pradita Dirgantara sebagai icon Disrupsi Pendidikan Indonesia ini mendatangkan beberapa narasumber hebat.

1. Dirjen Pendidikan Paud, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Jumeri, S.TP., M.Si, yang membahas tentang merdeka belajar dalam konteks sekolah berasrama.

2. Perwakilan UNESCO di Jakarta Gunawan Zaki yang membahas tentang SMA Pradita Dirgantara sebagai member UNESCO ASPnet.

3. Founder Rumah Perubahan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. yang membahas tentang SMA Pradita Dirgantara dengan icon Disrupsi Pendidikan Indonesia.

PPDB dimulai 11 Januari

Adapun 2021 ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Pradita Dirgantara telah dimulai pada 11 Januari 2021.

SMA Pradita Dirgantara adalah sekolah unggulan dibawah naungan Yasarini dan TNI Angkatan Udara yang menggunakan kurikulum Standar Nasional Pendidikan dengan ditambahkan Global Competencess.

Sehingga siswanya memiliki kompetensi global dan siap bersaing di dunia Internasional, serta didukung oleh tenaga guru yang berkompeten pada bidangnya.

Baca juga: Siswa, Pahami Arti Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen

Harapannya mampu menghasilkan calon pemimpin bangsa yang beriman, cerdas, kreatif, mandiri dan berwawasan kedirgantaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com