Gempa Sulawesi Barat, Mendikbud: 27 Sekolah Rusak

Kompas.com - 18/01/2021, 07:02 WIB
Warga mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Antara FotoWarga mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim memperoleh laporan setidaknya ada 27 sekolah rusak karena gempa yang terjadi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Sebagaimana diketahui, gempa berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari.

Baca juga: Mendikbud: 8 Prioritas Merdeka Belajar 2021

"Saya turut berduka atas bencana yang terjadi di beberapa daerah, saya peroleh laporan ada 27 sekolah yang rusak," ucap Nadiem melansir laman Instagram resminya, Senin (18/1/2021).

Nadiem memastikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menurunkan tim untuk membantu berbagai sekolah, guru, dan siswa yang terdampak gempa.

Dia memberikan salam hangat kepada guru dan siswa yang terdampak gempa di Sulawesi Barat.

"Semoga tetap semangat dalam situasi yang sulit dan kita dapat segera bangkit dari musibah ini," kata Nadiem.

Sebelumnyam Plt Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Hendarman telah menyebutkan, ada sebanyak 10 sekolah di Kabupaten Majene dan 14 sekolah di Kabupaten Mamuju yang mengalami kerusakan.

Lalu, ada juga 3 sekolah yang mengalami kerusakan di Kabupaten Mamasa.

Di kabupaten Mamuju, kata dia, lima sekolah dengan kondisi kerusakan kategori ringan yakni SDN Inp. Tajimane, SDN 2 Tapalang, SDN Serang, dan SDN Taan Galung, SMPN 3 Mamuju.

Baca juga: Mendikbud Tegaskan Formasi CPNS Guru Masih Ada

Sedangkan tiga sekolah dengan kondisi kerusakan kategori sedang, yakni SDN Inp. Kasambang, SMPN 2 Tapalang, dan SMAN 2 Tapalang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X