Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNMPTN-SBMPTN 2021 Diluncurkan, Ini Cara ITS Kenalkan Prodi

Kompas.com - 07/01/2021, 09:22 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal dan ketentuan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tahun 2021.

Ada sejumlah perbedaan dari tahun sebelumnya, calon mahasiswa tidak hanya dapat memilih program studi sarjana (S1), tetapi juga untuk prodi sarjana terapan (D4).

Guna memberikan informasi yang lengkap kepada calon mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah mempersiapkan kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah mengatakan, meski seluruh informasi dapat diakses di laman LTMPT, masih perlu dilakukan sosialisasi oleh para PTN kepada pihak sekolah-sekolah.

Baca juga: Hal Sepele yang Bisa Membuat Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN-SBMPTN 2021

Untuk itu, kata dia, ITS berencana melakukan sosialisasi secara daring kepada guru bimbingan konseling (BK) dan siswa sekolah menengah atas (SMA) atau yang sederajat dalam waktu dekat ini.

“Melalui sosialisasi ini, harapannya agar guru maupun siswa semakin paham tentang cara pendaftaran dan pemilihan prodi (program studi),” terang Machmudah seperti dikutip dari laman ITS, Kamis (7/1/2021).

Mulai siapkan fasilitas UTBK

Selain sosialisasi daring, ungkap Machmudah, ITS juga akan mempersiapkan ruangan untuk pelaksanaan tes UTBK yang menjadi penilaian untuk jalur SBMPTN.

Baca juga: Ketentuan Pilih Prodi Pertama dan Kedua di SNMPTN-SBMPTN 2021

“Untuk UTBK ini, gelombang I akan dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang II akan dilaksanakan pada tanggal 26 April-2 Mei 2021,” paparnya.

Sementara itu, terkait materi UTBK, dia menyebutkan bahwa materi tes UTBK nantinya akan sama seperti tahun 2019.

“Bedanya dengan tahun 2020 lalu yang cuma ada TPS, tahun ini akan ada TPS dan TKA, serta ada pilihan saintek, soshum, dan campuran,” tambahnya.

Machmudah berharap agar proses seleksi masuk PTN tahun ini yang masih berada di tengah pandemi bisa berjalan dengan lancar hingga selesai. Ia pun berpesan untuk para siswa maupun guru BK agar tetap mengikuti perkembangan pengumuman di portal LTMPT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com