Kompas.com - 16/12/2020, 13:59 WIB
UTBK 2020 di UGM Dok. UGMUTBK 2020 di UGM

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan akan segera meluncurkan sistem penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2021. Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, sistem tersebut akan mulai berjalan pada 4 Januari 2021.

"Nanti kami akan segera launching proses penerimaan mahasiswa baru di PTN ini pada tanggal 4 Januari. Insha Allah sistemnya juga sudah siap, sehingga tolong dicatat benar, tanggal 4 adalah tanggal yang keramat, di samping ada tanggal-tanggal berikutnya," papar Nasih dalam konferensi daring "Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021", Rabu (16/12/2020).

Nasih mengingatkan calon mahasiswa agar memahami ketentuan penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021. Pasalnya, ada sejumlah hal yang membuat calon mahasiswa gagal seleksi masuk PTN pada tahun sebelumnya.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

"Berbekal pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa hal yang menurut saya krusial untuk bisa selalu diingat," imbuh dia.

Berikut sejumlah hal yang perlu dicermati oleh calon mahasiswa agar proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN berjalan dengan lancar:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Telat membuat akun LTMPT

Nasih memaparkan, hal yang paling sering mendapatkan komplain selama proses seleksi baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN ialah pembuatan akun LTMPT.

"Ada beberapa siswa dan sekolah yang tidak melalukan proses sampai dengan tuntas, ada beberapa data yang tidak sinkron, dan bahkan tidak memiliki informasi apapun seperti tentang sekolah, sehingga pada saat mengisi beberapa data menjadi salah dan tidak bisa lanjut dalam prosesnya," papar Nasih.

Baca juga: Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021

Untuk itu, Nasih mengingatkan siswa untuk benar-benar memahami ketentuan pendaftaran akun, mencari informasi resmi di laman LTMPT bila ada hal yang tidak dimengerti dan melalukan persiapan sejak awal.

"Masalah berikutnya adalah, komplainnya itu sering kali sudah terlambat ketika proses sudah tutup. Sehingga, tidak dimungkinkan adanya pembetulan-pembetulan," imbuhnya.

2. Lalai tanggal kegiatan penting dan ketentuannya

Seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN memiliki sejumlah tahapan, mulai dari mendaftar akun LTMPT, mendaftar SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.