Kompas.com - 31/12/2020, 18:00 WIB
Pakar hukum pidana dari Undip, Muladi Ambaranie Nadia K.MPakar hukum pidana dari Undip, Muladi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) berduka kehilangan salah satu guru besar terbaik dari Fakultas Hukum Muladi. Beliau wafat di usia 77 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada hari Kamis 31 Desember 2020 pukul 06.45 WIB.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengucapkan duka yang mendalam atas kepergian salah satu guru besar terbaik Undip Prof Muladi.

Baca juga: Awal Januari 2021, Undip Tetap Kuliah Online

"Muladi tidak hanya sebagai guru, tetapi juga panutan bagi kita," ungkap Yos melansir laman Undip, Kamis (31/12/2020).

Yos mengaku, suara Prof Muladi yang tegas menyuarakan keadilan dan penegakan hukum mencerminkan kewibawaan dan kepeduliaan pada sesama.

Sebagai pakar pidana hukum, beliau sangat berjasa dalam upaya penegakan hukum dan penyusunan perundangan melindungi hak asasi manusia (HAM).

"Semoga almarhum husnul khotimah dan mendapatkan balasan terbaik atas amal dan dedikasinya bagi keluarga, lembaga dan negara," ungkap dia.

Prof Muladi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 26 Mei 1943. Gelar Sarjana Hukum Pidana diperoleh dari Undip di tahun 1968. Saat mahasiswa, Prof Muladi aktif sebagai Anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), 1963-1968.

Meniti karir menjadi dosen di FH Undip, Prof Muladi juga menjabat sebagai Kepala Biro Wajib Latih Mahasiswa Undip pada 1971 -1974, sekaligus merangkap sebagai Staf Badan Konsultasi Hukum, Fakultas Hukum Undip.

Hingga Prof Muladi sempat menjabat menjadi Pembantu Dekan III, Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum Undip.

Setelah menyelesaikan Program Doktor (S3) Bidang Ilmu Hukum, Universitas Padjadjaran, Bandung, dan lulus dengan predikat Cumlaude tahun 1984. Belum genap dua tahun, Muladi dipercaya menjabat Dekan Fakultas Hukum Undip pada 1986-1992.

Baca juga: Undip Kembangkan Rumah Tahan Gempa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X