Kompas.com - 23/12/2020, 09:31 WIB
Undip Semarang KOMPAS.com/NAZAR NURDINUndip Semarang

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) mengaku masih akan menjalankan proses perkuliahan secara daring (online) di semester genap 2020/2021 atau pada awal Januari 2021.

"Kebijakan itu diputuskan setelah menimbang masukan dari berbagai pihak," ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Budi Setiyono melansir laman Undip, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Kuliah Undip Ramah Penyandang Disabilitas

Dia mengaku, salah satu alasannya adalah wilayah Jawa Tengah (Jateng) masih rawan penyebaran Covid-19.

"Di mana Jateng masih masuk dalam zona merah sebagai wilayahnya," jelas dia.

Menurut dia, perkuliahan online masih akan sama seperti semester sebelumnya. Ada pengecualian untuk mahasiswa yang harus praktikum, dan yang menjelang lulus bisa dilakukan secara kuliah tatap muka.

Namun kegiatan itu harus dilakukan dengan protokol kesehatan, dan pengawasan yang ketat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, harus ada juga izin dari orangtua dan dosen pengampu.

"Syarat lainnya adalah mahasiswa yang berkegiatan secara kuliah tatap muka dalam kondisi sehat," ungkap dia.

Dia menegaskan, pilihan kuliah online untuk mempertimbangkan keselamatan mahasiswa dan dosen. Penyebaran Covid-19 yang masih belum bisa diprediksi, membuat pilihan itu harus diambil kembali meski kebijakan tersebut sudah dilakukan sejak semester lalu.

Sebenarnya pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah memberi lampu hijau bagi perguruan tinggi untuk menerapkan kuliah tatap muka.

Baca juga: Undip Kembangkan Rumah Tahan Gempa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X