Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad-Undip-Unhas Gelar Pertukaran Mahasiswa, Wujud Kampus Merdeka

Kompas.com - 30/10/2020, 09:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) kini tergabung dalam Program Konsorsium Merdeka Belajar 3 Perguruan Tinggi (KMB 3 PT).

Program tersebut memungkinkan mahasiswa dari Unpad-Undip-Unhas untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa guna meningkatkan wawasan, jaringan, soft skill, dan hard skill mahasiswa.

Melansir laman Instagram Unpad, kini mahasiswa Unpad dapat mengambil mata kuliah yang ditawarkan di Undip dan Unhas, baik pada prodi yang sama atau prodi yang berbeda.

Baca juga: Soul Travellers, Cerita 39 Anak Muda Indonesia Menjelajah Dunia

Perkuliahan akan diikuti secara SIT-IN pada sistem pembelajaran masing-masing perguruan tinggi selama kurang lebih 2 bulan tanpa ada penilaian, namun peserta akan mendapatkan sertifikat partisipasi program.

Syarat untuk mendaftar program ini antara lain terdaftar sebagai mahasiswa aktif di program sarjana dan sarjana terapan serta memilih mata kuliah maksimal 8 SKS.

Sementara untuk prosesnya, mahasiswa lebih dahulu melakukan registrasi online, memilih perguruan tinggi yang kerja sama, memilih program studi yang diinginkan, memilih mata kuliah.

Untuk Unpad sendiri, pendaftaran pertukaran mahasiswa ini dilakukan dari 26 Oktober hingga 1 November 2020.

Baca juga: Lulusan S1-S2, Kemendikbud Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Kabalitbangbuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com