Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Sepele yang Bisa Membuat Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN-SBMPTN 2021

Kompas.com - 16/12/2020, 13:59 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan akan segera meluncurkan sistem penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2021. Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, sistem tersebut akan mulai berjalan pada 4 Januari 2021.

"Nanti kami akan segera launching proses penerimaan mahasiswa baru di PTN ini pada tanggal 4 Januari. Insha Allah sistemnya juga sudah siap, sehingga tolong dicatat benar, tanggal 4 adalah tanggal yang keramat, di samping ada tanggal-tanggal berikutnya," papar Nasih dalam konferensi daring "Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021", Rabu (16/12/2020).

Nasih mengingatkan calon mahasiswa agar memahami ketentuan penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021. Pasalnya, ada sejumlah hal yang membuat calon mahasiswa gagal seleksi masuk PTN pada tahun sebelumnya.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

"Berbekal pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa hal yang menurut saya krusial untuk bisa selalu diingat," imbuh dia.

Berikut sejumlah hal yang perlu dicermati oleh calon mahasiswa agar proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN berjalan dengan lancar:

1. Telat membuat akun LTMPT

Nasih memaparkan, hal yang paling sering mendapatkan komplain selama proses seleksi baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN ialah pembuatan akun LTMPT.

"Ada beberapa siswa dan sekolah yang tidak melalukan proses sampai dengan tuntas, ada beberapa data yang tidak sinkron, dan bahkan tidak memiliki informasi apapun seperti tentang sekolah, sehingga pada saat mengisi beberapa data menjadi salah dan tidak bisa lanjut dalam prosesnya," papar Nasih.

Baca juga: Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021

Untuk itu, Nasih mengingatkan siswa untuk benar-benar memahami ketentuan pendaftaran akun, mencari informasi resmi di laman LTMPT bila ada hal yang tidak dimengerti dan melalukan persiapan sejak awal.

"Masalah berikutnya adalah, komplainnya itu sering kali sudah terlambat ketika proses sudah tutup. Sehingga, tidak dimungkinkan adanya pembetulan-pembetulan," imbuhnya.

2. Lalai tanggal kegiatan penting dan ketentuannya

Seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN memiliki sejumlah tahapan, mulai dari mendaftar akun LTMPT, mendaftar SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN.

Setiap kegiatan memiliki tanggal dan sejumlah ketentuan. Untuk itu, siswa perlu mengetahui, mencatat dan memahami tanggal penting serta apa saja persyaratannya sehingga bisa disiapkan jauh-jauh hari.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia

Selain itu, hindari untuk menunda seperti menunda pendaftaran. Sehingga, bila ada hal-hal yang membuat bingung, maka siswa masih memiliki cukup waktu untuk memperbaikinya.

"Persiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari soal informasi, soal data, soal macam-macam. Persiapkan juga mental dan spiritualnya, dengan banyak-banyak berdoa dan tak kalah pentingnya tetap jaga kesehatan, sehingga kawan-kawan bisa mengikuti proses keseluruhan mulai A sampai Z, baik SNMPTN maupun SBMPTN dengan sebaik-baiknya," saran Nasih.

3. Pembuatan akun tidak serius

Hal sederhana namun bisa menggagalkan calon mahasiswa mengikuti seleksi masuk PTN ialah akun yang tidak profesional.

Nasih mencontohkan ialah pemilihan foto akun. Tak sedikit siswa pada tahun sebelumnya yang tidak mempersiapkan dengan baik.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com