Kompas.com - 09/12/2020, 15:00 WIB
Binus University Dok. Binus UniversityBinus University

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan universitas dunia QS World University Rankings (WUR) telah merilis pemeringkatan universitas Asia terbaik dalam QS Asia University Rankings 2021.

Melansir laman resmi QS WUR, pemeringkatan universitas terbaik di Asia tahun 2021 menampilkan 650 perguruan tinggi dan menjadi pemeringkatan kampus Asia terbesar.

Sebanyak 30 kampus Indonesia baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) masuk dalam pemeringkatan.

Dalam pemeringkatan tersebut, Binus University dan Telkom University menjadi perguruan tinggi yang saat ini menyandang predikat 4 Star di antara perguruan tinggi terpilih di Indonesia.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Binus unggul dalam 5 indikator penilaian, yaitu Academic Reputation (kualitas akademik secara menyeluruh), Employer Reputation (kualitas lulusan dari sisi pengguna tenaga kerja), Faculty Student (kualitas kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi), Inbound Exchange Students (total mahasiswa asing yang belajar pada perguruan tinggi tersebut selama minimum satu semester), dan Outbound Exchange Students (total mahasiswa yang belajar pada perguruan tinggi di luar negeri setidaknya selama satu semester).

Rektor Binus University Harjanto Prabowo mengatakan, pencapaian tersebut menjadi bukti komitmen Binus untuk terus memberikan pendidikan yang berkualitas global yang dapat membina dan memberdayakan masyarakat.

"Perjuangan bagi BINUS UNIVERSITY untuk berada di posisi ini tidaklah mudah. Untuk itu saya mengucap Syukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah, masyarakat, stakeholders, serta kerja keras Binusian yang terus memberikan kontribusi pendidikan terbaik bagi nusantara," paparnya dalam laman resmi Binus University.

Baca juga: ITB Terbaik Bidang Ilmu Komputer Versi THE WUR by Subject 2021

Sementara itu, Telkom University berhasil meraih Bintang Lima (5 Stars) yang melingkupi bidang Pengajaran (teaching), Employability, Academic Development, Facilities, Inclusiveness, Program Strength Bachelor of Informatics dan Online Learning. Sedangkan pada bidang Internationalization dan Innovation Telkom University meraih Bintang Empat (4 Stars). Hal tersebut menjadikan Telkom University sejajar dengan perguruan tinggi terbaik dunia.

Menanggapi perolehan tersebut, Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya untuk semua tim yang selama ini berkontribusi, “Ini adalah hasil kolektif, dari semua stakeholder terlibat, pegawai, para peneliti, Dosen dan mahasiswa, ini adalah penilaian untuk semua, dan kami mensyukuri dengan terus tumbuh dan tak berhenti berinovasi, untuk pendidikan yang memajukan Indonesia” ujarnya.

Berikut daftar perguruan tinggi swasta terbaik Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS Asia University Rangkings 2021:

  1. Binus University (peringkat 227).
  2. Telkom University (peringkat 401-450).
  3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (peringkat 451-500).
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (peringkat 451-500).
  5. Universitas Islam Indonesia (peringkat 501-550).
  6. Universitas Katolik Parahyangan (peringkat 551-600).
  7. Universitas Pelita Harapan (peringkat 551-600).
  8. Universitas Surabaya (peringkat 551-600).
  9. Universitas Ahmad Dahlan (peringkat 601+).
  10. Universitas Muhammadiyah Surakarta (peringkat 601+).
  11. Universitas Tarumanagara (peringkat 601+).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X