Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500.000 Siswa Madrasah Akan Nikmati Belajar Digital Tahun 2021

Kompas.com - 25/11/2020, 13:13 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia bersama Uni Emirat Arab (UEA) menjalin sinergi di bidang pendidikan, khususnya pemanfaatan teknologi. Dengan tujuan, 500.000 siswa madrasah bisa memperoleh akses belajar digital yang dikembangkan Alef Education.

"Kerjasama ini memperkuat literasi numerik siswa madrasah untuk mewujudkan madrasah kelas dunia yang bermartabat," ujar Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Ahmad Umar melansir laman Kemenag, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Kemenag Optimis Wujudkan Madrasah Kelas Dunia

Umar mengatakan, lewat belajar digital ini diharapkan 500.000 siswa madrasah semakin semangat dan senang mengikuti pembelajaran, khususnya di bidang Matematika. Sehingga, hal itu bisa berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.

Menurut Umar, sinergi ini tidak hanya akan meningkatkan hasil pembelajaran, tetapi juga mendorong adopsi pembelajaran berbasis teknologi ke tingkat yang lebih tinggi.

Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis menyambut baik penandatanganan perjanjian hibah jasa penggunaan platform pendidikan digital antara Kementerian Agama (Kemenag) dengan Alef Education yang berbasis di UEA.

Dia menyebut, kerja sama ini patut disyukuri, karena dapat memberi manfaat bagi ratusan ribu pelajar dan santri madrasah di Indonesia. Dengan penggunaan platform digital ini, mereka diharapkan dapat merasakan pengalaman belajar yang baru dan menarik, khususnya di mata pelajaran Matematika.

"Program ini tentunya merefleksikan kedekatan hubungan dan kerja sama erat Indonesia dan Uni Emirat Arab, khususnya di bidang pendidikan," sebutnya.

Alef Education merupakan perusahaan teknologi pendidikan K-12 yang berbasis di Uni Emirat Arab. Visinya, merancang pengalaman belajar yang mengubah cara dunia dididik dengan hasil pembelajaran yang lebih baik.

Saat ini, lebih dari 120.000 siswa di Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat (AS) di lebih dari 400 sekolah menggunakan platform pembelajaran digital yang dikembangkan Alef Education.

CEO Alef Education Geoffrey Alphonso menjelaskan, konten digital yang ditawarkan pihaknya adalah Matematika. Pembelajaran ini akan menyasar siswa kelas 7 terlebih dahulu dalam enam bulan sejak Juli 2021, baru akan diperluas untuk kelas 8 dan 9 selama dua tahun berikutnya.

"Konten tersebut mencakup video pendek, game, dan penilaian. Semuanya dirancang agar menarik minat siswa dalam pembelajaran yang interaktif," jelas Geoffrey Alphonso.

Alef Education, lanjut Geoffrey, memiliki kesempatan untuk mempengaruhi hasil belajar siswa secara positif. Sekolah di Uni Emirat Arab dan AS telah mengadopsi platform teknologi ini. Kami berharap dapat menerjemahkan pengalaman tersebut di Indonesia, dimulai dari madrasah binaan Kemenag.

Baca juga: Kemenag Lakukan Asesmen 269.711 Guru hingga Pengawas Madrasah

"Ini adalah bagian dari visi jangka panjang. Kami berharap dapat secara positif mempengaruhi kehidupan jutaan siswa di seluruh dunia di masa mendatang dalam beberapa tahun ke depan," tukas Geoffrey Alphonso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com