Pakai Limbah Nasi, Mahasiswa Vokasi Unair Ciptakan Hand Sanitizer Alami

Kompas.com - 24/11/2020, 13:12 WIB
Ilustrasi hand sanitizer ShutterstockIlustrasi hand sanitizer
|

KOMPAS.com - Limbah nasi atau nasi yang sudah menjadi basi ternyata bisa dimanfaatkan, yakni dijadikan formula untuk pembuatan hand sanitizer.

Hal ini dilakukan oleh lima mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga ( Unair). Mereka berhasil menciptakan formula hand sanitizer alami berbahan dasar limbah nasi.

Menurut Yasmin Auliya Hylmi selaku ketua tim, kandungan formula bioetanol dari nasi basi dengan penambahan ekstrak daun kemangi efektif membunuh berbagai mikroba, seperti bakteri dan jamur termasuk corona virus.

"Kami berhasil menciptakan formula bioetanol dari nasi basi dengan penambahan ekstrak daun kemangi (Ocimum americanum L.) yang berpotensi sebagai inovasi hand sanitizer alami," ujarnya dikutip dari laman Unair, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Webinar Unair: Kitab Tib, Manuskrip Dunia Obat Masa Lampau

Keunggulan pakai formula ini

Adapun formula tersebut memiliki keunggulan, yakni:

1. Tidak mengandung metanol, sehingga tidak menimbulkan efek toksisitas.

2. Bahan dasar yang digunakan alami.

3. Formula tersebut juga murah. Sebab, berbahan dasar limbah.

4. Formula tersebut efisien digunakan.

5. Kandungan itu tidak hanya berperan sebagai antibakteri, tetapi juga sebagai antivirus dan antifungi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X