UI Terproduktif Hasilkan Kekayaan Intelektual Berkualitas se-Indonesia

Kompas.com - 20/11/2020, 07:26 WIB
Universitas Indonesia ShutterstockUniversitas Indonesia

KOMPAS.com - Universitas Indonesia ( UI) menerima penghargaan sebagai institusi terproduktif di Indonesia dalam menghasilkan Artikel Berkualitas Tinggi di Bidang Kesehatan dan Obat.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi RI/Kepala Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Menristek/Kepala BRIN) Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro kepada Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi Nurtami pada ajang Anugerah Hak Kekayaan Intelektual di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Selain penghargaan bagi UI secara institusi, sebanyak 588 artikel ilmiah yang ditulis oleh insan peneliti dan akademisi UI maupun institusi/lembaga lainnya se-Indonesia, juga berhasil masuk dalam jajaran penerima penghargaan sebagai penulis artikel Ilmiah berkualitas tinggi bidang kesehatan dan obat.

Baca juga: 3 Perguruan Tinggi Terinovatif 2020 Versi Kemenristek-BRIN

Pada kategori berikutnya, yaitu artikel ilmiah berkualitas tinggi bidang non-kesehatan dan obat, diberikan kepada 20 artikel ilmiah yang ditulis oleh insan peneliti dan akademisi UI maupun institusi/lembaga lainnya se-Indonesia.

Berikutnya, pada penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Produktif diterima oleh 26 pengusul.

Pada kesempatan tersebut, empat Jurnal Ilmiah UI juga mendapatkan penghargaan sebagai Jurnal Ilmiah Indonesia Bereputasi Internasional.

Penghargaan tersebut diberikan kepada International Journal of Technology Penerbit FTUI, Interiority Penerbit Departemen Arsitektur FTUI, Kesmas - Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dan Medical Journal of Indonesia Penerbit FKUI.

Baca juga: 7 Bidang Ilmu Universitas Brawijaya Masuk Peringkat Dunia THE WUR 2021

Kemudian, Jurnal Indonesia Law Review Penerbit Djokosoetono Research Center, Fakultas Hukum UI dan Indonesian Capital Market Review, Penerbit MRC Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI berhasil meraih penghargaan sebagai Jurnal Ilmiah Indonesia Berkualitas Menuju Indeksasi Standar Internasional.

Ajang Anugerah Hak Kekayaan Intelektual diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN melalui Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

Pemberian penghargaan meliputi lima kategori yaitu: Hak Kekayaan Intelektual Produktif, Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Kesehatan dan Obat, Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Non Kesehatan dan Obat, Penulis Produktif, dan Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X