3 Perguruan Tinggi Terinovatif 2020 Versi Kemenristek-BRIN

Kompas.com - 11/11/2020, 11:50 WIB
Universitas Gadjah Mada Dok. UGMUniversitas Gadjah Mada

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada ( UGM) dan IPB University berhasil meraih Anugerah Perguruan Tinggi Terinovatif dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) 2020.

Sementara itu, Universitas Indonesia ( UI) meraih penghargaan peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi inovatif untuk kategori manajemen inovasi.

Pengumuman Anugerah ini dilangsungkan bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25 dan Inovasi Indonesia Expo 2020, Selasa (10/11/2020).

Rektor IPB University Prof Arif Satria mengungkapkan rasa syukurnya sekaligus menyampaikan apresiasi kepada segenap sivitas akademika atas kerja kerasnya dalam menghidupkan atmosfer inovasi di kampus IPB University.

Baca juga: UI Peringkat Satu Perguruan Tinggi Inovatif Kategori Manajemen Inovasi

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika. Pencapaian ini kian menguatkan posisi IPB University sebagai kampus dengan tagline Innovation with Integrity," ungkap Prof Arif seperti dilansir dari laman IP University.

Pada saat bersamaan, Guru Besar IPB University bidang iklim, kehutanan, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Prof Daniel Murdiyarso mendapatkan Penghargaan Habibie Prize 2020 Bidang Rekayasa.

Prof Daniel adalah dosen IPB University di Departemen Geofisika dan Meteorologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (GFM-FMIPA).

Penganugerahan Perguruan Tinggi Inovatif diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang PS Brodjonegoro.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Anugerah ini diberikan dengan tujuan untuk mengapresiasi prestasi perguruan tinggi dalam membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi dalam menghasilkan produk inovasi yang memberikan solusi bagi permasalahan bangsa dan menjadi terobosan dalam penguatan ekonomi dan daya saing nasional.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo berharap inovasi-inovasi dari anak bangsa dapat terus bertambah dan dapat dimanfaatkan baik secara nasional, regional dan internasional.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X