4 Cara Bangun Relasi Sejak di Bangku Kuliah

Kompas.com - 13/11/2020, 10:27 WIB
Ilustrasi mahasiswa di kampus. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi mahasiswa di kampus.

KOMPAS.com - Mahasiswa harus cepat membangun banyak relasi, bahkan kalau perlu dibangunnya sejak mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Banyak manfaat akan diperoleh, di antaranya memiliki banyak teman dan koneksi saat berada di dunia kerja.

Melansir laman resmi instagram Ditjen Dikti, Kamis (12/11/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada empat cara yang bisa kalian lakukan dalam memupuk relasi sejak masa kuliah.

1. Perluas pertemanan

Baca juga: Mahasiswa, Simak Mitos dan Fakta Aktif Berorganisasi Saat Kuliah

Dengan memperluas pertemanan di dalam maupun di luar kampus, maka akan belajar keberagaman yang ada, seperti perbedaan budaya, agama, etnis, dan ras. Hasilnya, akan memperoleh banyak teman, dan dapat pula banyak jalan kemudahan saat di kampus maupun saat lulus.

2. Aktif organisasi

Kedua, kalian bisa aktif di organisasi dan komunitas kampus, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiwa. Lewat keduanya maka akan memberikan manfaat positif bagi kalian.

Paling tidak, kalian akan memiliki relasi dengan petinggi perguruan tinggi, organisasi luar kampus, hingga perusahaan yang telah bekerjasama dengan organisasi maupun komunitas kampus.

3. Terlibat aksi sosial

Hal yang ketiga, kalian bisa terlibat dalam aksi sosial sebagai relawan. Ketika menjadi relawan, maka peluang untuk memperluas koneksi lebih besar.

Adapun hasil yang diperoleh saat menjadi relawan, yakni bisa berteman dengan banyak mahasiswa dari perguruan tinggi lain, bertemu pegawai swasta, bertemu pegawai negeri sipil, pengusaha, Polri, dan sebagainya. Jadi, hal itu sangat baik sekali bagi mahasiswa.

4. Magang kerja

Sedangkan hal yang keempat, yakni membanguan relasi dengan magang kerja di perusahaan, instansi maupun lembaga lainnya.

Untuk itu, bila mahasiswa mempunyai waktu yang fleksibel pada saat kuliah, maka luangkan waktumu untuk magang. Selain bertambah teman, maka skill atau keterampilan kalian akan bertambah, dan siap digunakan di dunia kerja.

Baca juga: Kemendikbud: Lulusan SMA-SMK yang Diserap Perguruan Tinggi Hanya 38 Persen

Jadi, itu adalah empat cara yang bisa kalian lakukan dalam memperbanyak teman atau relasi saat kuliah. Tolong dipahami, apalagi bisa dilakukan. Karena manfaatnya sangat besar bisa dirasakan saat di dunia kerja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X