Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewalahan Kerjakan Tugas? Gunakan Metode “Eat That Frog”

Kompas.com - 13/11/2020, 10:24 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Baik pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh, pelajar akan selalu mendapatkan tugas dari guru maupun dosen untuk mengasah kemampuan menguasai suatu pelajaran.

Namun, banyaknya tugas dapat membuat seseorang jadi kewalahan atau kerepotan untuk mengerjakannya hingga menunda pekerjaan tersebut.

Brain Tracy selaku konsultan produktivitas mengenalkan metode “Eat That Frog” untuk menyelesaikan beragam permasalahan di atas.

Baca juga: Siswa SMA, Ini Cara Peroleh Subsidi Dana dari Beasiswa Jadi PNS

Supaya dapat menerapkan metode “Eat That Frog”, pelajar harus membuat keputusan untuk mau mengembangkan kebiasaan untuk menyelesaikan tugas.

Kedua, pelajar harus bisa mendisiplinkan diri sendiri untuk berlatih prinsip dari metode “Eat That Frog” sampai menjadi kebiasaan otomatis.

“Ketiga, kembalikan semua yang Anda lakukan dengan tekad sampai kebiasaan itu terkunci dan menjadi bagian permanen dari diri Anda secara pribadi,” tulis Brain dalam bukunya yang berjudul “Eat That Frog: Snapshots Edition”.

Inti dari metode “Eat That Frog” ialah menentukan prioritas tugas dan tidak menunda pekerjaan supaya dapat menggunakan waktu dengan tetap produktif.

Untuk menerapkan metode ini, pelajar dapat mengikuti serangkaian langkah-langkah di bawah ini.

1. Buat daftar tugas

Dari beragam tugas yang diberikan, pelajar dapat membaginya menjadi 4 kategori. Berikut ini merupakan pembagian kategorinya

  • Hal yang harus dan Anda ingin kerjakan.
  • Hal yang harus dikerjakan, tetapi Anda malas melakukannya.
  • Hal yang tidak perlu dilakukan, tetapi Anda ingin melakukannya.
  • Hal yang tidak perlu dilakukan dan Anda malas melakukannya.

Tulislah daftar tersebut pada buku atau secarik kertas karena Brain percaya ketika seseorang menuliskan tujuan, maka pelajar telah menciptakannya menjadi sesatu yang dapat disentuh dan dilihat.

Apabila tidak melakukannya, Brain menganggap tujuan atau sasaran tersebut hanyalah fantasi. 

“Tujuan atau sasaran yang tidak tertulis hanyalah keinginan atau fantasi belaka. Tidak ada energi di belakangnya. Tujuan tidak tertulis menyebabkan kebingungan, ketidakjelasan, penyesatan, dan banyak kesalahan,” ungkapnya.

Buatlah daftar tugas ini satu hari sebelum pengerjaan tugas untuk membuat waktu eksekusi berjalan lebih efisien.

2. Temukan ‘frog’ atau ‘katak’ terjelek

Setelah membagi tugas menjadi empat kategori, tentukan ‘katak’ terjelek atau pekerjaan yang paling penting meskipun Anda malas melakukannya.

“Jika Anda harus makan dua katak, makanlah yang paling jelek dulu,” gagas Brain sebagai peraturan pertama dalam metode ini.

Baca juga: Orangtua Paksa Masuk Jurusan Tertentu? Hadapi dengan 5 Tips Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com