Kompas.com - 13/11/2020, 10:24 WIB
Ilustrasi pelajar sedang menerapkan metode Eat That Frog untuk menyelesaikan tugas. DOK. PEXELSIlustrasi pelajar sedang menerapkan metode Eat That Frog untuk menyelesaikan tugas.

KOMPAS.com – Baik pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh, pelajar akan selalu mendapatkan tugas dari guru maupun dosen untuk mengasah kemampuan menguasai suatu pelajaran.

Namun, banyaknya tugas dapat membuat seseorang jadi kewalahan atau kerepotan untuk mengerjakannya hingga menunda pekerjaan tersebut.

Brain Tracy selaku konsultan produktivitas mengenalkan metode “Eat That Frog” untuk menyelesaikan beragam permasalahan di atas.

Baca juga: Siswa SMA, Ini Cara Peroleh Subsidi Dana dari Beasiswa Jadi PNS

Supaya dapat menerapkan metode “Eat That Frog”, pelajar harus membuat keputusan untuk mau mengembangkan kebiasaan untuk menyelesaikan tugas.

Kedua, pelajar harus bisa mendisiplinkan diri sendiri untuk berlatih prinsip dari metode “Eat That Frog” sampai menjadi kebiasaan otomatis.

“Ketiga, kembalikan semua yang Anda lakukan dengan tekad sampai kebiasaan itu terkunci dan menjadi bagian permanen dari diri Anda secara pribadi,” tulis Brain dalam bukunya yang berjudul “Eat That Frog: Snapshots Edition”.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inti dari metode “Eat That Frog” ialah menentukan prioritas tugas dan tidak menunda pekerjaan supaya dapat menggunakan waktu dengan tetap produktif.

Untuk menerapkan metode ini, pelajar dapat mengikuti serangkaian langkah-langkah di bawah ini.

1. Buat daftar tugas

Dari beragam tugas yang diberikan, pelajar dapat membaginya menjadi 4 kategori. Berikut ini merupakan pembagian kategorinya

  • Hal yang harus dan Anda ingin kerjakan.
  • Hal yang harus dikerjakan, tetapi Anda malas melakukannya.
  • Hal yang tidak perlu dilakukan, tetapi Anda ingin melakukannya.
  • Hal yang tidak perlu dilakukan dan Anda malas melakukannya.

Tulislah daftar tersebut pada buku atau secarik kertas karena Brain percaya ketika seseorang menuliskan tujuan, maka pelajar telah menciptakannya menjadi sesatu yang dapat disentuh dan dilihat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X