Syarat Peroleh Subsidi Dana Beasiswa Jadi PNS untuk Mahasiswa

Kompas.com - 12/11/2020, 13:15 WIB
Poster panduan pendaftaran Beasiswa Jadi PNS 2021. DOK. BEASISWA JADI PNSPoster panduan pendaftaran Beasiswa Jadi PNS 2021.

KOMPAS.com – Untuk mahasiswa pada jenjang diploma (D1/D2/D3/D4) dan sarjana (S1), Beasiswa Jadi PNS memberikan subsidi dana pendidikan dan pelatihan.

Program beasiswa ini diselenggarakan oleh komunitas pemuda Jadi PNS yang didirikan oleh Jaya Setiawan Gulo dan Zamy Prabowo untuk menciptakan pemimpin negeri masa depan.

“Kami ingin menginspirasi anak muda untuk bisa menjadi pemimpin negeri yang berintegritas dan cerdas di masa depan,” ujar Gulo kepada wartawan Harian Kompas pada Senin (5/10/2020).

Baca juga: Mahasiswa, Simak Mitos dan Fakta Aktif Berorganisasi Saat Kuliah

Gulo merupakan salah satu Aparatur Sipil Negara ( ASN) yang berhasil meraih 3 terbaik dalam kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif Anugerah ASN tingkat nasional pada 2019.

Beasiswa Jadi PNS pun adalah salah satu bentuk pengabdian dan cinta Gulo serta Zamy kepada ibu pertiwi dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Pasalnya, Gulo dan Zamy membentuk Beasiswa Jadi PNS dengan menyisihkan sebagian gaji mereka untuk siswa SMA dan mahasiswa.

Dengan mendirikan komunitas dan memberikan beasiswa Jadi PNS, Gulo ingin orang lain melihat ASN muda dapat melakukan hal-hal inspiratif.

“Harapannya, dari talenta muda terbaik ini ada yang mau menjadi ASN muda inspiratif seperti yang kami gunakan,” ungkapnya.

Beasiswa Jadi PNS terbagi menjadi 5 kategori, yaitu beasiswa SMA/SMK/MA/Sederajat berprestasi, SMA/SMK/MA/Sederajat kurang mampu, mahasiswa berprestasi, mahasiswa kurang mampu, dan umum.

Mengenai beasiswa umum, Jadi PNS memberikannya kepada siswa SMA maupun mahasiswa yang sedang membutuhkan dana untuk penddiikan, pengembangan diri, proyek, dan lain-lain.

Cakupan

Di bawah ini merupakan cakupan pemberian beasiswa Jadi PNS kateori umum dan mahasiswa.

  1. Beasiswa Umum: Rp750.000 per 3 bulan dalam setahun.
  2. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi: Rp850.000 per 3 bulan dalam setahun.
  3. Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu: Rp850.000 per 3 bulan dalam setahun.
  4. Menjadi ambassador program Jadi PNS.
  5. Kelas mentoring eksklusif dengan Jadi PNS.
  6. Berkesempatan menjadi host atau moderator dalam program Jadi PNS.
  7. Relasi pemuda nasional maupun internasional.
  8. Memperoleh postcard motivasi langsung dari Korea Selatan oleh mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Korea Selatan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X