2021, Kemendikbud Anggarkan Rp 3 T untuk Digitalisasi Sekolah

Kompas.com - 07/11/2020, 14:13 WIB
Ilustrasi laptop (Dok. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi laptop
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bakal menganggarkan sebesar Rp 3 triliun untuk program digitalisasi sekolah.

Program untuk tahun depan ini terkait pengadaan alat elektronik. Tak hanya itu, Kemendikbud juga akan membuat suatu platform.

Tentu agar para guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul, sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih efisien.

Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (5/11/2020) seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Baca juga: Kemendikbud: Seperti Ini Kebutuhan Zat Gizi Anak Usia Dini

"Begitu jadinya. Digitalisasi sekolah itu bukan hanya penyediaan sarana TIK tetapi juga mempermudah guru untuk memilih apa yang paling cocok untuk anak didiknya," ujar Nadiem.

Dijelaskan, anggaran tahun depan itu besarnya mencapai Rp 3 triliun. Rencananya, setiap sekolah akan menerima 15 laptop dan satu access point.

Laptop yang akan diberikan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti untuk:

1. asesmen kompetensi minimun

2. asesmen nasional

3. praktikum

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X