Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah Luar Negeri? Ini Tips dari UniSadhuGuna

Kompas.com - 07/11/2020, 13:38 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang tua pasti ingin menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang paling tinggi. Bahkan kalau bisa kuliah luar negeri.

Hanya saja, dalam masa pandemi Covid-19 ini apakah aman kuliah di luar negeri? Tentu hal ini juga menjadi pertanyaan para orang tua dan calon mahasiswa.

Untuk itulah, orang tua dan siswa (calon mahasiswa) harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengejar cita-cita kuliah luar negeri.

Terkait hal itu, UniSadhuGuna menyelenggarakan Virtual Coffee Talk bertajuk "Rencanakan Keuangan dan Pilihan Studi Yang Tepat Kuliah di Luar Negeri", Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: UIC College Tawarkan Dua Tahun Kuliah di Amerika

UniSadhuGuna hadir

Menurut Adhirama Gumay, Presiden Direktur PT UniSadhuGuna, kuliah di luar negeri memang membutuhkan biaya yang besar. Tak hanya itu saja, pertimbangan lain ialah pemilihan jurusan juga harus tepat.

Selain biaya, ada kesiapan akademis seperti:

  • pendalaman materi
  • penguatan skill tertentu
  • kemampuan bahasa yang sesuai dengan tingat pendidikan
  • jurusan yang tepat
  • universitas yang tepat
  • destinasi yang tepat

Serta pengetahuan terkait tata cara berkuliah dan tinggal di negara lain yang diharapkan akan bisa mewujudkan mimpi–mimpi mereka sangat perlu dipersiapkan dengan baik, sejak dini, dan matang.

Untuk itulah UniSadhuGuna hadir karena merupakan 'One Stop Solutions for Higher Degree Education'.

"Kami memastikan bahwa rencana studi luar negeri yang dipilih akan berjalan lancar. Nantinya, siswa akan dipandu baik dari sisi akademik dan pengembangan karakter sejak awal hingga hari kelulusan," terangnya.

"Ini sebabnya kami menyediakan program lengkap bagi para siswa dalam menempuh pendidikan tinggi di luar. Sampai saat ini kami telah meluluskan lebih dari 3.000 lulusan terbaik yang berhasil meraih gelar Bachelor, Master maupun PhD di Universitas terbaik di Australia, UK, USA dan beberapa negara terkemuka lainnya," tambah Adhirama.

Dalam Coffee Talk yang dipandu Tiga Mami Kece yakni Ivy Batuta, Cisca Becker dan Ajeng Hendarmin tersebut juga menghadirkan banyak narasumber. Salah satunya Dr. Sandiaga Salahuddin Uno B.B.A, M.B.A yang juga merupakan UniSadhuGuna Ambassador.

Pada kesempatan itu, Sandi Uno juga berbagi pengalamannya selama kuliah di luar negeri. Dia juga memberi saran pada calon mahasiswa untuk siap menghadapi era revolusi digital.

Ini yang perlu dipersiapkan

Sedangkan menurut salah satu narasumber, Ariyani Mawardi, B.A., M.I.M, Strong Certified Career Consultant, UniSadhuGuna Head of KG Campus dan American Degree Specialist, ada tips atau beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kuliah di luar negeri.

Baca juga: Anak IPA Anti-mainstream, Ini Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

Rencana studi luar negeri:

1. Mental Readiness

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com