Agar Kuliah Daring Lebih Efektif, Ini 5 Tipsnya

Kompas.com - 30/10/2020, 11:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa yang sedang mengalami masalah saat mengikuti ujian lisan. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa yang sedang mengalami masalah saat mengikuti ujian lisan.
|

KOMPAS.com - Tak hanya siswa sekolah, para mahasiswa sebagian besar juga masih mengikuti pembelajaran daring. Atau ikut kuliah daring.

Karena pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terjadi sekitar 7 bulan, tentu membuat para mahasiswa merasa bosan dan bingung.

Maka mahasiswa harus mencari cara bagaimana belajar yang efektif selama di rumah aja. Agar tidak bosan dan semangat ikut kuliah daring secara virtual.

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Kamis (29/10/2020), berikut ini 5 tips kuliah daring lebih efektif.

Baca juga: Sering Gagal? Ini 6 Tips Agar Tak Mudah Menyerah bagi Mahasiswa

1. Buat pengingat harian

Coba buatlah daily reminder (pengingat harian) untuk kegiatanmu. Hal ini dapat mengurangi rasa malas dan mager akibat perkuliahan yang dilakukan di rumah. Menulis daily reminder juga dapat meningkatkan produktivitas mahasiswa.

2. Simak dan catat hal penting

Selama kuliah daring, kamu harus menyimak dan mencatat hal-hal penting layaknya kuliah di kampus. Sebab, kalau tidak dicatat, maka akan cepat lupa.

Menulis catatan merupakan salah satu teknik belajar yang efektif untuk memperdalam pemahaman kamu atas materi yang sudah diberikan dosen.

3. Olahraga rutin

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X