Kompas.com - 04/10/2020, 05:20 WIB
Warga mengenakan masker untuk menjaga diri dari risiko terpapar virus corona, awal Februari 2020. ShutterstockWarga mengenakan masker untuk menjaga diri dari risiko terpapar virus corona, awal Februari 2020.

KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Titik Taufikurohmah meluncurkan hasil riset berupa Nanogold untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi pasien Covid-19.

“Kami sudah melakukan uji coba melalui pemberian air kesehatan yang mengandung nanogold-nanosilver secara gratis di Surabaya, Sidoarjo, dan Probolinggo serta beberapa penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri maupun di rawat di rumah sakit. Hasilnya cukup signifikan dalam membantu meningkatkan imun tubuh,” kata Titik seperti dilansir dari laman Kemendikbud, Sabtu (3/2/1010).

Hasil riset ini mendapatkan apresiasi dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam, dalam konferensi secara daring pada Jumat (2/10/2020), terkait partisipasi aktif para peneliti membantu penanganan Pandemi Covid-19.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Pelangsing, Berbasis Tanaman Obat Indonesia

Dirjen Dikti menyampaikan dukungannya terhadap hasil penelitian tersebut. Dukungan tersebut berupa pengawalan bersama untuk mendapatkan perizinan BPOM, serta bantuan publikasi agar tetap diakui secara akademis.

Selain itu, peluncuran produk ini memerlukan kerja sama dengan pimpinan bidang kesehatan seperti Fakultas Kedokteran di Unair agar pemanfaatan produk ini bisa mendapatkan izin edar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hentikan replika virus corona

Titik menjelaskan latar belakang penelitian ini berawal dari penjelasan ilmiah berupa tradisi kecantikan leluhur dengan susuk emas.

Susuk emas tersebut diproses oleh logam yang terurai menjadi atom-atom atau nanogold.

Baca juga: Ingin Kuliah S1-S2 ke Inggris? Ada Beasiswa Senilai Rp 96 Juta Per Tahun

Sifat nanogold, kata dia, memiliki aktivitas antioksidan dalam meredam radikal bebas sepuluh kali vitamin E, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kombinasi nanogold dan nanosilver yang merupakan antimikroba dan antivirus dalam air kemasan pada penelitian ini mampu menghentikan replika virus corona termasuk Covid-19.

Penelitian Titik berawal saat menangani penderita kusta di Surabaya. Ia mendapati Nanogold mampu meningkatkan imunitas para penderita lepra sejak tahun 2017.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.