Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa LPDP Kemenkeu 2020: Jadwal dan Link Pendaftaran

Kompas.com - 01/10/2020, 16:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Setelah sempat ditunda sejak Maret 2020, pendaftaran Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali dibuka di bulan Oktober 2020.

LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister (S2) dan doktoral (S3) untuk putra-putri terbaik Indonesia, mencakup biaya kuliah hingga tunjangan hidup.

Informasi dibukanya pendaftaran tahun 2020 disampaikan oleh pihak LPDP melalui akun Instagram resmi @lpdp_ri, Rabu (30/9/2020).

"Kondisi pandemi COVID-19 yang kita hadapi saat ini memaksa adanya penyesuaian terhadap berbagai aspek kegiatan, meski demikian pengembangan sumber daya manusia unggul tak boleh berhenti," tulis akun tersebut.

Baca juga: Mahasiswa S1-S3, Ini Cara Daftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud

Di tahun 2020, LPDP kembali membuka kesempatan bagi anak bangsa melanjutkan pendidikan lebih tinggi melalui dua jenis program beasiswa.

Program beasiswa yang sementara dibuka, yakni:

  1. Beasiswa Pendidik
  2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia

Dalam laman resmi LPDP Presiden Jokowi memberikan pesan, "Mari manfaatkan kesempatan menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3 melalui beasiswa LPDP. Persiapkan dirimu membangun negeri kita tercinta."

Jadwal dan link pendaftaran

Pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2020 akan dimulai pada Selasa 6 Oktober 2020.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah S1-S2 di 3 Negara: Australia, Selandia Baru, Inggris

Info lebih lanjut mengenai persyaratan, perguruan tinggi tujuan, tahapan seleksi, dan ketentuan lainnya akan disampaikan lebih lanjut bersamaan dengan dibukanya registrasi Online melalui laman resmi LPDP https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/home 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ 

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Meski tahun ini LPDP belum memberikan syarat umum kepada pelamar beasiswa. Akan tetapi, pelamar bisa mempersiapkan diri dengan melihat kembali syarat umum bagi penerima beasiswa LPDP 2019.

Berikut ini merupakan daftar syarat umum beasiswa LPPD Perguruan Tinggi Utama Dunia 2019 sebagai alternatif acuan persiapan:

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ramai Peminat, Apa Saja yang Didapat?

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2) dengan ketentuan yang ditetapkan LPDP.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com