Pembelajaran Tatap Muka, Sekolah Jabar Harus Penuhi 3 Indikator

Kompas.com - 11/08/2020, 09:22 WIB
Simulasi belajar tatap muka di SMAN 4 Kota Sukabumi Dok. Disdik JabarSimulasi belajar tatap muka di SMAN 4 Kota Sukabumi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Satuan Tugas Nasional Covid-19 serta sejumlah kementerian terkait, mengumumkan sekolah di zona hijau dan kuning kini boleh melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Meski begitu, proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota dalam zona hijau dan kuning dilakukan secara sangat ketat dengan persyaratan berlapis.

Di wilayah Jawa Barat (Jabar), sekolah harus memenuhi 3 indikator untuk bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Guru, Ini Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Darurat dari Kemendikbud

Pertama, sekolah harus memiliki fasilitas lengkap sesuai protokol kesehatan.

Kedua, terdapat beberapa siswa yang tidak memiliki alat maupun fasilitas penunjang belajar daring.

Ketiga, daerah-daerah blank spot yang sama sekali tidak terjangkau jaringan internet.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) PSMK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Deden Saiful Hidayat saat menerima kunjungan Komisi II DPRD Kabupaten Indramayu di Kantor Disdik Jabar, Senin (10/8/2020).

Deden memaparkan, dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah, prioritas utama adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik.

Menurutnya, hak hidup dan hak sehat anak berada di atas hak pendidikan.

Baca juga: Nadiem: PJJ Berkepanjangan Berdampak Negatif bagi Siswa

"Selain siswa, kami juga tentu mempertimbangkan kesehatan pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk itu, guru yang diizinkan mengajar pun adalah guru berusia di bawah 45 tahun dan tidak memiliki penyakit penyerta," paparnya seperti dilansir dari laman Disdik Jabar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X