Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2020, 23:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dua penyanyi berbakat Raisa dan Isyana Sarasvati mengaku terkejut dan merinding saat diminta menjadi bintang tamu Konser Virtual Gita Bahana Nusantara (GBN).

Dua penyanyi tersebut akan akan tampil dalam kegiatan Konser Virtual GBN pada peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020 melalui TVRI pukul 20.00 WIB.

Bagi Raisa saat diminta gabung dengan GBN untuk kegiatan Konser Virtual dirinya mengakui kaget. Menurutnya peserta GBN adalah anak-anak muda yang terlatih dan mempunyai bakat sangat bagus. "Mereka semunya yang terbaik terpilih dari berbagai daerah," ujarnya.

Hal sama dirasakan Isyana Saraswati. Ia mengaku sempat merinding saat diajak berkolaborasi dengan peserta GBN.

"Aku merinding, meskipun hanya bertemu secara tatap muka dan tidak secara langsung. Tahu peserta GBN mempunyai talenta yang luar biasa," ungkapnya.

Baca juga: Dirjen Kebudayaan Targetkan Tahun 2024 Jalur Rempah Diakui Warisan Dunia

Bukti semangat nasionalisme

Pada HUT RI Ke- 75 tahun ini, para peserta GBN tidak bisa tampil seperti biasa menghibur rakyat Indonesia dan tampil di Istana secara langsung, lantaran hingga saat ini penyebaran virus corona (Covid-19) belum usai.

Kendati demikian, para peserta GBN yang diinisiasi DIrektorat Kebudayaan Kemendikbud, masih bisa menyalurkan bakat dan penampilannya melalui virtual. Kehadiran mereka masih tetap bisa disaksikan dalam peringatan HUT RI di Istana yang disiarkan oleh TVRI.

"Ini pengelama pertama bagi saya, sehingga sangat berharga apalagi bisa gabung dengan peserta GBN yang suaranya cukup luar biasa sekali," ungkap Raisa saat webinar "Bincang Inspiratif: Tetap Beraksi Tuai Prestasi" yang digelar Direktorat Kebudayaan, Senin 10 Agustus 2020.

"Saya justru berharap bisa tampil bersama dengan mereka (peserta GBN). Tapi kondisi bangsa tidak memungkinkan hanya bisa tampil secara virtual. Ya semoga saja tahun depan bisa tampil sepanggung," jelas Isyana.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan kehadiran putra putri terbaik perwakilan dari pelosok negeri menjadi salah satu pembuktian untuk menjaga semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda, utamanya dalam memperingati HUT RI.

Tumbuhkan rasa kebangsaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com