Begini Inovasi Pembelajaran di SMAN 9 Bandung

Kompas.com - 30/07/2020, 10:28 WIB
Salah satu inovasi pembelajaran jarak jauh di SMAN 9 Bandung. DOK.Disdik JabarSalah satu inovasi pembelajaran jarak jauh di SMAN 9 Bandung.
|

KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan agar materi pembelajaran jarak jauh bisa sampai pada peserta didik. Tentu semua harus dilakukan dengan menarik dan kreatif.

Seperti halnya di SMAN 9 Bandung Jawa Barat ini. Guna mengoptimalkan pembelajaran dari rumah, sekolah ini menciptakan TV streaming.

Menurut Kepala SMAN 9 Bandung, Suparman, dengan memanfaatkan media sosial Youtube, TV bertajuk "Sembilan TV Streaming" ini diharapkan mampu menyajikan pembelajaran dari rumah yang lebih menarik.

Baca juga: Disdik Jabar Luncurkan Program Kirim Lulusan SMK ke Jepang

"Ini adalah inovasi yang dilakukan rekan-rekan guru SMAN 9 Bandung untuk memberikan layanan terbaik," ujar Suparman seperti dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Rabu (29/7/2020).

Dikatakan, nantinya semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah bakal disiarkan melalui TV streaming tersebut.

Namun untuk sementara sejak dirilis pada Senin (26/7/2020) kemarin, sudah ada dua mata pelajaran yang diajarkan, yakni matematika dan bahasa Jerman.

Guru harus beradaptasi

Untuk mengoptimalkan TV Streaming ini, menurut Suparman akan berjalan bertahap. Tentu karena guru harus beradaptasi dengan cara pembelajaran yang berbeda ini.

"Pendekatannya, kita persilakan guru yang memang sudah siap karena kriterianya berbeda dengan mengajar di kelas," katanya.

Melalui TV streaming ini, diharapkan guru juga memiliki kualifikasi bagus untuk menghadirkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Suparman juga berharap kedepannya, TV streaming ini tidak hanya dimanfaatkan oleh siswa di SMAN 9 Bandung saja, tetapi juga seluruh siswa di Bandung, Jawa Barat bahkan nasional.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X