Kemendikbud Buka Pendaftaran Guru Penggerak, 2.800 Guru Akan Direkrut

Kompas.com - 13/07/2020, 18:23 WIB
Informasi pembukaan pendaftaran Guru Penggerak. Tangkapan layar akun Instagram Ditjen GTKInformasi pembukaan pendaftaran Guru Penggerak.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) resmi membuka pendaftaran program Guru Penggerak hari ini, Senin 13 Juli 2020.

Guru- guru di Indonesia yang ingin meningkatkan kompetensi dan memberikan kontribusi terbaik bagi pengembangan pembelajaran di sekolah, bisa segera mendaftar hingga 22 Juli 2020.

Melalui program Guru Penggerak, Kemendikbud berupaya memajukan pendidikan Indonesia dengan cara melahirkan agen-agen guru pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Guru Penggerak diharapkan mampu menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.

Guru Penggerak juga menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Pelatihan tanpa harus absen mengajar

Dalam proses menjadi Guru Penggerak, guru akan mengikuti rangkaian seleksi dan pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Meski begitu, guru tak akan terganggu jam mengajarnya. Sebab, pelatihan dilakukan secara virtual dan pendamping akan datang langsung ke lokasi guru berada.

Baca juga: Seperti Ini Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah untuk Zona Hijau

Sehingga, guru dapat langsung mengimplementasikan inovasi sekaligus mengatasi hambatan-hambatan pembelajaran di lingkungan sekolahnya.

Selama proses pelatihan, Calon Guru Penggerak akan didukung oleh instruktur, fasilitator, dan pendamping yang profesional.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan, program guru penggerak berpijak pada filosofi Ki Hajar Dewantara.

Menurut filosofi tersebut, lanjut dia, seorang guru teladan mampu meningkatkan motivasi dan kemauan belajar murid serta berorientasi pada murid.

Baca juga: SMA-SMK Sukabumi Bakal Gelar KBM Tatap Muka di Tahun Ajaran Baru

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X