"Blended Learning", Membangun Ruang Belajar "Zaman Now" Menyenangkan

Kompas.com - 09/07/2020, 11:08 WIB
Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dan Sinar Mas Land menggelar webinar nasional mengangkat tema Blended Learning: Menuju Tatanan Baru Pendidikan Indonesia pada Senin (6/7/2020). DOK. GSMGerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dan Sinar Mas Land menggelar webinar nasional mengangkat tema Blended Learning: Menuju Tatanan Baru Pendidikan Indonesia pada Senin (6/7/2020).

KOMPAS.com - Metode pembelajaran blended learning menjadi salah satu solusi keterbatasan belajar dari rumah selama pandemi global covid-19.

Blended learning juga digadang-gadang menjadi metode belajar yang akan banyak digunakan memasuki era normal baru pendidikan di tahun ajaran baru mendatang.

Terkait hal ini, Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dan Sinar Mas Land menggelar webinar nasional mengangkat tema " Blended Learning: Menuju Tatanan Baru Pendidikan Indonesia" pada Senin (6/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, pendiri GSM Muh. Nur Riza, mengingatkan blended learning hanyalah salah satu cara dalam dari sekian banyak metode pembelajaran untuk mengantar pendidikan kepada siswa.

Yang penting dan perlu dipahami menurut Rizal adalah tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Baca juga: Menakar Peluang Pembelajaran Daring Efektif Masuki Era New Normal Pendidikan

Pembelajaran adaptif 

"Tujuan pendidikan itu adalah membangun budaya kritis untuk merencanakan dan merancang masa depan," jelas Rizal.

Rizal menyampaikan dalam menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian strategi pendidikan justu jangan menghadirkan kurikulum dan metodologi yang fix atau kaku.

"Strategi pendidikan harus mampu memberi ruang kepada siswa dan guru yang memberikan kemerdekaan dalam merancang masa depan," tegasnya.

Ia melanjutkan, "Flexible learning ini memungkin murid dan guru belajar dengan multi metode, kadang belajar tatap muka, belajar dari rumah, belajar dari alam, belajar dengan industri di lapangan atau bentuk kegiatan belajar mengajar lainnya." 

"Flexible learning ini menjadi ruh tatanan pendidikan di masa depan," yakin Rizal.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X