Kompas.com - 24/06/2020, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau setiap kampus untuk memfokuskan padan perkuliahan teori di awal semester baru di tengah masa pandemi Covid-19.

Sementara, kuliah praktek dilakukan di pertengahan atau menjelang akhir semester.

"Ini di bidang vokasi ya. Tak semua bidang kuliah yang sifatnya praktek itu bisa didaringkan. Misal yang bisa full daring kan perangkat lunak, teknik informatika, pemrograman komputer. Itu praktek dan teori bisa daring. Semester depan itu harus dimulai dengan teori supaya perkuliahan bisa berjalan," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam temu media secara daring, Rabu (24/6/2020).

Menurutnya, praktek perkuliahan diusahakan bisa dilakukan secara daring. Namun, jika harus menggunakan laboratorium, studio, atau bengkel harus tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

"Kampus harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, pemerintah daerah. Pengelola kampus juga harus membuat peraturan praktek lebih detail lagi seperti mesin disemprot disinfektan (berapa kali)," ujar Wikan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbud), Nizam mengatakan pihaknya sedang menyiapkan protokol untuk pengerjaan tugas akhir mahasiswa. Ia menyebutkan, Kemendikbud akan segera merilis protokol kesehatan untuk penggunaan laboratorium, bengkel, studio, dan tempat praktek lainnya.

Sebelumnya, sejumlah kampus telah mengumumkan tentang skema pembukaan kampus untuk kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: UGM Lanjutkan Kuliah Online di Tahun Ajaran Baru 2020/2021

UGM misalnya, menerapkan kebijakan gradual repopulation pada mahasiswa di semester I tahun ajaran 2020/2021.

Kebijakan ini mengatur mahasiswa untuk kembali menjalani kegiatan belajar mengajar di kampus secara bertahap.

“Kita mulai pada bulan Juni-Agustus 2020 membuka kampus hanya untuk mahasiswa yang menjalankan riset dan tugas akhir," kata mengajar (KBM) dalam darurat Covid-19 pada Juli-Desember 2020. Saat beraktivitas di kampus juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak serta tidak berkerumun,” terang Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Djagal Wiseso Marseno seperti dikutip dari laman UGM.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.