Penguatan Kompetensi Guru Jelang Normal Baru lewat Seri Webinar, Ini Linknya

Kompas.com - 24/06/2020, 19:55 WIB
Ilustrasi pembelajaran dari rumah DOK. PEXELIlustrasi pembelajaran dari rumah

KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru di era normal baru pendidikan, tantangan guru tidak menjadi lebih ringan. Sebaliknya, pascabelajar dari rumah (BDR) selama pandemi, guru kian dituntut memiliki kompetensi lebih dari masa "normal".

Mendukung penguatan kompetensi guru, Eduversal Indonesia, di bawah divisi pendidikannya Educamp, mengadakan program pelatihan online untuk para guru bertajuk "Development of Teaching Proficiency (DTP)".

DTP merupakan program rutin Eduversal untuk para guru yang diadakan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Khusus pada masa pandemi ini DTP dilaksanakan secara daring dengan nama "Development of Teaching Proficiency 2020 - Webinar Series".

Program diadakan selama 6 hari mulai 29 Juni - 4 Juli 2020. Di akhir setiap sesi, akan ada sertifikat untuk setiap pesertanya. Program ini terbuka untuk semua guru baik dari Indonesia maupun dari luar Negeri.

Baca juga: Kemendikbud Sebut Pandemi Covid-19 Dorong Inovasi Guru

Belajar dari masa pendemi

"Tantangan utama pada era new normal ini adalah tentunya pemaksimalan fungsi teknologi. Pembelajaran daring tidak semudah yang dibayangkan. Konsistensi guru untuk terus menggali pengetahuan adalah kuncinya," tegas Ade Kiki Ruswadi, Pelaksana Komite DTP.

Menurutnya, kualitas pendidikan tidak pernah terlepas dari kualitas tenaga pendidiknya.

"Untuk membentuk pola pikir siswa yang baik, seorang pendidik selayaknya tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran di kelas, melainkan harus bisa menjelaskan tujuan dari pembelajaran dalam proses mengajarnya," jelasnya.

Ia menyampaikan seorang guru hendaknya terus meningkatkan kemampuan dan metode mengajar secara berkala sehingga sesuai dengan kondisi lingkungan siswa.

"Banyak dari kita masih menganggap online learning itu hanya 'memindahkan' kelas dari tatap muka ke zoom dan aplikasi lain. Jadi guru hanya memaparkan materi secara langsung aja. Ini bisa membuat siswa cepat bosan," ujarnya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X