UGM Lanjutkan Kuliah Online di Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Kompas.com - 04/06/2020, 12:39 WIB
UGM gelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional secara daring. Peserta mengikuti upacara bendera dari kediaman mereka masing-masing. (foto dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAUGM gelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional secara daring. Peserta mengikuti upacara bendera dari kediaman mereka masing-masing. (foto dokumentasi Humas UGM)

KOMPAS.com - Menyambut era new nomal atau normal baru, Universitas Gadjah Mada ( UGM) mulai mengkaji kemungkinan penerapan proses belajar tatap muka di Tahun Ajaran 2020/2021.

Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM Hatma Suryatmojo menuturkan, perkuliahan di semester ganjil yang akan dimulai bulan September 2020 mendatang akan dilakukan secara daring (online) hingga pertengahan semester.

Selanjutnya, lanjut dia, akan mulai beralih ke pembelajaran tatap muka jika kondisi sudah memungkinkan.

“Rencananya semester depan setengah semester pembelajaran daring hingga UTS, dan setelah itu harapannya sudah bisa masuk kelas. Tapi kalau kondisi tidak memungkinkan berarti satu semester akan secara penuh dilakukan daring,” papar Hatma, Rabu (3/6/2020), seperti dilansir dari laman UGM.

Baca juga: Ikatan Dokter Anak Anjurkan Sekolah Tidak Dibuka sampai Desember 2020

Penerapan tatanan kehidupan baru yang disebut sebagai era new normal memang sudah mulai diwacanakan sejak akhir Mei 2020.

Tatanan ini diterapkan agar masyarakat bisa kembali beraktivitas dan menjaga produktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Hatma menuturkan, sebelum merebaknya pandemi Covid-19 dan wacana era new normal, UGM telah memiliki fasilitas sistem pembelajaran daring.

Beberapa di antaranya berupa elok. ugm.ac.id dan elisa.ugm.ac.id serta simaster.ugm.ac.id. untuk administrasi akademik.

Baca juga: Daftar PTN Paling Diminati Peserta SBMPTN 2019

Di samping itu, setiap fakultas dan sekolah di UGM juga telah memiliki satuan tugas yang bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan proses pembelajaran secara daring.

“Ini merupakan program pelatihan yang dilakukan akhir tahun lalu. Jadi, kita sudah memiliki sistem pendukung di semua fakultas,” terangnya.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X