Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UGM Lanjutkan Kuliah Online di Tahun Ajaran Baru 2020/2021

KOMPAS.com - Menyambut era new nomal atau normal baru, Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai mengkaji kemungkinan penerapan proses belajar tatap muka di Tahun Ajaran 2020/2021.

Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM Hatma Suryatmojo menuturkan, perkuliahan di semester ganjil yang akan dimulai bulan September 2020 mendatang akan dilakukan secara daring (online) hingga pertengahan semester.

Selanjutnya, lanjut dia, akan mulai beralih ke pembelajaran tatap muka jika kondisi sudah memungkinkan.

“Rencananya semester depan setengah semester pembelajaran daring hingga UTS, dan setelah itu harapannya sudah bisa masuk kelas. Tapi kalau kondisi tidak memungkinkan berarti satu semester akan secara penuh dilakukan daring,” papar Hatma, Rabu (3/6/2020), seperti dilansir dari laman UGM.

Penerapan tatanan kehidupan baru yang disebut sebagai era new normal memang sudah mulai diwacanakan sejak akhir Mei 2020.

Tatanan ini diterapkan agar masyarakat bisa kembali beraktivitas dan menjaga produktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Hatma menuturkan, sebelum merebaknya pandemi Covid-19 dan wacana era new normal, UGM telah memiliki fasilitas sistem pembelajaran daring.

Beberapa di antaranya berupa elok.ugm.ac.id dan elisa.ugm.ac.id serta simaster.ugm.ac.id. untuk administrasi akademik.

Di samping itu, setiap fakultas dan sekolah di UGM juga telah memiliki satuan tugas yang bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan proses pembelajaran secara daring.

“Ini merupakan program pelatihan yang dilakukan akhir tahun lalu. Jadi, kita sudah memiliki sistem pendukung di semua fakultas,” terangnya.

Meningkatkan kompetensi dosen

UGM telah menerapkan pembelajaran daring sejak diberlakukannya pembatasan maksimal kegiatan di kampus pada 23 Maret lalu.

Dalam sebuah survei yang melibatkan ribuan mahasiswa dan dosen sebagai responden, sebanyak 80 persen mahasiswa mengutarakan bahwa dosen telah mampu menyampaikan materi secara daring dengan kualitas yang serupa dengan ketika kuliah dilaksanakan di dalam kelas.

Sementara itu, sebanyak 60 persen dosen juga mengaku telah cukup terbiasa dengan sistem pembelajaran daring.

“Hasil ini lumayan bagus, berarti sivitas UGM sendiri cukup cepat menguasai,” kata Hatma.

Meski demikian, untuk mempersiapkan para dosen memasuki semester baru, UGM akan memberikan pelatihan tambahan bagi dosen di bulan Juni dan Juli untuk dapat meningkatkan keterampilan dan mengoptimalkan menu-menu pada aplikasi interaktif daring.

“Harapannya ini memberi bekal untuk kuliah di semester mendatang,” kata Hatma.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/04/123942871/ugm-lanjutkan-kuliah-online-di-tahun-ajaran-baru-2020-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke